Tingginya Kasus Kematian Covid-19 India hingga Jenazah Dikremasi Massal

Kompas.com - 23/04/2021, 17:45 WIB
Kerabat memakai alat pelindung diri (APD) saat menghadiri pemakaman seorang pria, yang meninggal akibat terinfeksi virus corona (COVID-19), di sebuah krematorium di New Delhi, India, Rabu (21/4/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/ADNAN ABIDIKerabat memakai alat pelindung diri (APD) saat menghadiri pemakaman seorang pria, yang meninggal akibat terinfeksi virus corona (COVID-19), di sebuah krematorium di New Delhi, India, Rabu (21/4/2021).

KOMPAS.com - Seorang penduduk Delhi bernama Nitish Kumar terpaksa menyimpan jenazah ibunya di rumah selama hampir dua hari ketika ia kesulitan mencari krematorium.

Ibu Kota India itu kini dibanjiri kematian akibat virus corona saat terjadi lonjakan kasus.

Pada Kamis (22/4/2021), Kumar akhirnya mengkremasi ibunya di fasilitas kremasi massal sementara di sebuah tempat parkir.

"Saya berlari ke sana sini, tetapi setiap krematorium punya alasan, ada yang bilang kehabisan kayu," kata Kumar, dikutip dari Reuters, Jumat (23/4/2021).

Kasus Kumar ternyata hanya satu dari sekian kasus yang menggambarkan gelombang kedua Covid-19 di India.

Baca juga: Varian Virus Corona B1617 Diduga Picu Tsunami Covid-19 di India

Angka kematian meningkat

India melaporkan kasus harian tertinggi di dunia dengan 314.835 kasus pada Kamis.

Gelombang kedua di India kali ini benar-benar menghancurkan infrastruktur kesehatan yang lemah.

Di Delhi saja, rumah sakit kehabisan pasokan oksigen medis, ketika terjadi kenaikan harian mencapai lebih dari 26.000.

Dalam 24 jam terakhir, 306 meninggal dunia, sehingga memenuhi penguburan massal dan krematorium.

Penyedia layanan medis nirlaba, Jitender Singh Shunty mengatakan, hingga Kamis sore, 60 jenazah telah dikremasi di fasilitas darurat di tempat parkir, sementara 15 lainnya masih menunggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X