[HOAKS] Slip Gaji Petugas Kebersihan Pertamina Rp 13 Juta

Kompas.com - 23/04/2021, 13:05 WIB
Tangkapan layar adanya slip gaji diduga milik petugas kebersihan di PT Pertamina beredar di media sosial pada Kamis, (8/4/2021). FacebookTangkapan layar adanya slip gaji diduga milik petugas kebersihan di PT Pertamina beredar di media sosial pada Kamis, (8/4/2021).
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan foto yang menampilkan slip gaji petugas kebersihan sebesar Rp 13 juta diduga dari PT Pertamina, baru-baru ini beredar di media sosial Facebook, Kamis (8/4/2021).

Dalam foto itu disebutkan masing-masing nominal untuk gaji pokok, bonus absen, bonus kerja, dan lemburan.

Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations PT Pertamina (Persero), Agus Suprijanto menyebutkan, informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, pengguna Facebook bernama Rama CariCinta mengunggah foto yang menampilkan adanya slip gaji petugas kebersihan dengan besaran gaji Rp 13 juta.

"Lemburan ny lbih gede dari gajih pokok haha," tulis Rama dalam status Facebooknya.

Tangkapan layar adanya slip gaji diduga milik petugas kebersihan di PT Pertamina beredar di media sosial pada Kamis, (8/4/2021).Facebook Tangkapan layar adanya slip gaji diduga milik petugas kebersihan di PT Pertamina beredar di media sosial pada Kamis, (8/4/2021).

Dalam slip gaji itu tercantum logo PT Pertamina, tanggal, nama, dan jabatan pemilik slip gaji.

Selain itu, tertera besaran masing-masing besaran upah untuk petugas kebersihan, yakni:

1. Gaji Pokok: Rp 3.000.000
2. Bonus Absen: Rp 950.000
3. Bonus Kerja: Rp 1.500.000
4. Lemburan: Rp 8.175.000

Total: Rp 13.625.000

Hingga Kamis (22/4/2021) malam, unggahan itu sudah direspons sebanyak 3 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X