Nasib Saya yang Jadi Korban Diskriminasi Berat Badan

Kompas.com - 23/04/2021, 09:36 WIB
Jaya Supradi DOK. PRIBADIJaya Supradi

NASKAH yang dimuat Kompas.com 20 April 2021 Saya Korban Diskriminasi Berat Badan  memperoleh banyak tanggapan.

Mayoritas setuju bahwa memang pada kenyataan senantiasa bahkan niscaya hadir diskriminasi berat badan terhadap manusia yang dianggap overweight.

Sebenarnya saya menulis naskah tragedi campur komedi tersebut dengan harapan akan banyak yang berbelas kasih maka menghibur saya. Ternyata harapan saya itu abadi bertahan sebagai harapan belaka.

Yang menghibur saya semuanya tidak gendut maka timbul kecurigaan apakah benar-benar menghibur atau mensyukuri keindahan tubuh mereka sendiri.

Ada pula yang berupaya menghibur dengan penegasan bahwa tubuh sekedar casing maka jangan dijadikan alasan untuk merasa selaras yang pernah diungkap oleh Yuni Shara.

Sayang, Yuni Shara de facto bertubuh mungil jelita dan sama sekali tidak gendut maka contoh ungkapan Yuni Shara malah memperparah diskriminasi berat badan terhadap saya.

Lain halnya Sang Begawan aktivis propagandis sains Lukas Luwarso yang tidak jelas niatannya apakah sebenarnya mau menghibur atau menertawakan saya dengan komen sangat ilmiah sekaligus spiritual namun atau maka nyakitin.

“Turut prihatin Pak Jaya. Tuhan memberikan cobaan berat (badan) di dunia, nanti di-ringan-kan masuk surganya. Ini secara keyakinan. Secara saintifik, sebaiknya Pak Jaya pindah ke Planet Mars. Gaya gravitasi Mars cuma 30 persen dari gravitasi Bumi. Di Planet Mars berat Pak Jaya akan berkurang 70 persen. Jadi Pak Jaya bukan overweight, tapi cuma salah planet.”

Lain halnya dengan mantan Wagub Timtim, Letjen Suryo Prabowo yang menyatakan tidak masalah gendut atau overweight sebab yang penting hepi padahal beliau tahu saya tidak hepi.

Mantan KSAU Marsekal Chappiy Hakim mentang-mentang tidak overweight malah tega posting foto-foto saat beryoga demi pamer keindahan serta kelenturan tubuh dirinya sendiri.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X