Termasuk Indonesia, AS Tambahkan 116 Negara ke Dalam Daftar Larangan Bepergian

Kompas.com - 22/04/2021, 08:22 WIB
Ilustrasi bandara - Bandara Dallas Fort-Worth di Texas, Amerika Serikat. https://www.dfwairport.com/Ilustrasi bandara - Bandara Dallas Fort-Worth di Texas, Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat pada pekan ini menambahkan setidaknya 116 negara ke dalam daftar level empat "jangan bepergian".

Dikutip dari Reuters, Kamis (22/4/2021), Inggris, Kanada, Perancis, Israel, Meksiko, Jerman, dan sejumlah negara lainnya masuk ke dalam daftar itu karena tingginya risiko Covid-19.

Pada Senin (19/4/2021), Departemen Luar Negeri menyebutkan, akan meningkatkan jumlah negara yang menerima label level empat menjadi 80 persen negara di seluruh dunia.

Sebelumnya, hanya 34 dari 200 negara yang masuk ke dalam kategori larangan bepergian.

Baca juga: Perkembangan Obat Covid-19, mulai Deksametason hingga Plasma Darah

Kini, angka itu bertambah menjadi 150 negara.

Departemen Luar Negeri mengatakan, langkah itu mencerminkan penyesuaian dalam sistem nasihat perjalanan untuk lebih mengandalkan penilaian epidemiologis yang ada.

Namun, rekomendasi itu tidak wajib dan tidak melarang orang AS bepergian.

Negara lain dalam daftar "jangan bepergian" termasuk Indonesia, Finlandia, Mesir, Belgia, Turki, Italia, Swedia, Swiss, dan Spanyol.

Beberapa negara seperti China dan Jepang tetap berada di Level 3 "pertimbangkan kembali".

Berikut negara yang masuk kategori level 4:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X