Kompas.com - 20/04/2021, 11:50 WIB
Ustaz Zacky Mirza. Instagram @zackymirza_Ustaz Zacky Mirza.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar informasi yang menyebutkan penceramah Indonesia, Ustaz Zacky Mirza, meninggal dunia. Informasi ini beredar di media sosial.

Dalam sebuah unggahan di Facebook, informasi itu disertai dengan video yang memperlihatkan Ustaz Zacky Mirza tiba-tiba pingsan saat sedang berceramah.

Dari penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Ustaz Zacky Mirza memang tengah mengalami gangguan kondisi kesehatan, tetapi pada Senin (19/4/2021), ia menyatakan kondisinya sudah lebih membaik.

Narasi yang beredar

Informasi itu dibagikan akun Seliy Munir melalui status di Facebook pada Selasa (20/4/2021).

Berikut isi unggahannya:

Innalillahi Wainna Ilaihi Ra'jun.. Barusan TV one menyiarkan telah berpulang kerahmatullah ustaz Zacky Mirza.

Innalillaahi wa ina ilaihi rooji'uun..
Allohummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu..
In Shaa Allah Beliau Husnul khotimah..

Tangkapan layar unggahan hoaks di Facebook berisi kabar Ustadz Zacky Mirza meninggal dunia Tangkapan layar unggahan hoaks di Facebook berisi kabar Ustadz Zacky Mirza meninggal dunia
Penelusuran Kompas.com

Melalui video yang diunggah di akun Instagram-nya @zackymirza_ pada Senin (19/4/2021), Ustaz Mirza membantah kabar dirinya telah meninggal dunia.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X