Kompas.com - 19/04/2021, 20:00 WIB
Bora (58) dan Ira Fazillah (19) pasangan pengantin yang kembali menggemparkan Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Rabu, (7/4/2021). KOMPAS.COM/ABDUL HAQ YAHYA MAULANA T.Bora (58) dan Ira Fazillah (19) pasangan pengantin yang kembali menggemparkan Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Rabu, (7/4/2021).

KOMPAS.com - Belakangan, media sosial kerap diramaikan dengan kabar pernikahan lintas generasi.

Pernikahan lintas generasi terbaru yang menyita perhatian publik melibatkan seorang pria berusia 28 tahun dengan wanita berusia 53 tahun di Garut, Jawa Barat.

Sebelumnya, seorang kakek berusia 58 tahun juga menikahi gadis berusia 19 tahun di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Fenomena serupa juga terjadi tahun lalu, ketika kakek berusia 103 tahun menikahi perempuan berusia 30 tahun di Sulawesi Selatan.

Lantas, mengapa pernikahan lintas generasi kini kerap terjadi?

Baca juga: Simak, Dampak Psikologis dan Sosial Pernikahan Usia Dini

Penjelasan Sosiolog

Sosiolog Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta Drajat Tri Kartono menjelaskan mengapa marak terjadi pernikahan lintas generasi.

Ia mengatakan, maraknya pernikahan lintas generasi ini menggambarkan adanya pergeseran struktur sosial masyarakat.

Menurutnya, struktur sosial jaman dulu lebih menekankan senioritas, seperti antara anak dan bapak.

"Jadi orang tua itu betul-betul ditempatkan di tempat tinggi dan anak di bawahanya. Kemudian ada juga sekat struktur lain, misalnya bangsawan dan rakyat biasa, orang kaya dan orang miskin," kata Drajat kepada Kompas.com, Senin (19/4/2021).

Ia menuturkan, struktur ketat terkait senioritas kini mulai hilang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X