Kompas.com - 19/04/2021, 08:30 WIB
Ilustrasi bangun tidur Pixabay/Katniss12Ilustrasi bangun tidur

KOMPAS.com - Puasa membuat jadwal tidur berubah. Untuk menghindari kantuk datang di jam kerja, beberapa orang memilih tidur lagi seusai sahur.

Namun imbasnya, tubuh justru susah diajak kompromi ketika harus bangun pagi lagi untuk kedua kalinya.

Untuk menghindari badan loyo di pagi hari, Anda bisa menggunakan metode Rise Up seperti yang dilansir dari Huffpost.com berikut ini.

Metode ini sudah ada sejak tiga tahun yang lalu dan bisa diaplikasikan di bulan puasa seperti sekarang ini.

Kate Kaplan, instruktur klinik Stanford University School Medicine, adalah yang menciptakan metode Rise Up ini di tahun 2018 dengan tujuan untuk membantu orang bangun pagi dalam keadaan bahagia, atau dalam artian bisa menjadi morning person.  

Berikut ini adalah langkah-langkah dari metode yang ada.

Baca juga: Kenapa Setelah Buka Puasa Badan Jadi Lemas?

1. Jangan pencet snooze button alarm Anda.

Langkah-langkah dalam metode ini adalah kepanjangan dari singkatan Rise Up. Dimana untuk R adalah resist the urge to hit the snooze button, atau menolak keinginan memencet tombol tunda pada alarm gawai.

Seperti yang kita tahu, jika alarm waktu berbunyi dan kita memencet tombol snooze, maka alarm akan berhenti berbunyi dan masuk ke pengaturan tunda.

Nah, langkah pertama agar bisa bangun, adalah jangan menyentuh tombol ini. Berpikir beberapa menit menunda bangun justru akan mengacaukan jam tidur tubuh Anda.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X