Tubuh Terasa Panas Saat Puasa? Ternyata Ini Penyebabnya

Kompas.com - 18/04/2021, 20:45 WIB
Ilustrasi lemas karena puasa Unsplash/Mel EliasIlustrasi lemas karena puasa

KOMPAS.com - Efek puasa berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang tetap sehat dan bugar, ada yang kehausan, ada yang merasa lemas dan lunglai, dan ada yang merasa dijalari sensasi panas di seluruh tubuh.

Sensasi panas ketika puasa seringnya juga diikuti rasa lemas juga pikiran yang jadi tidak bisa fokus.

Tentu saja, hal ini sangat menganggu aktivitas harian. Apalagi jika dalam sehari-hari Anda diwajibkan berkantor dan menyelesaikan tugas setumpuk. Sensasi panas dan gejala penyerta tersebut pastinya akan sangat menganggu kinerja.

Sebenarnya, apa penyebab sensasi panas dalam tubuh ketika puasa ini?

Baca juga: Apakah Mengupil Bisa Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan MUI

Efek bongkaran energi cadangan

Ketika tubuh berpuasa, tubuh tak akan kemasukan asupan kalori selama 12 jam lebih. Kalori hanya masuk ketika bersahur, juga berbuka puasa.

Nah, di siang hari ketika aktivitas harian menguras cadangan kalori bekal dari makan sahur, maka tubuh akan membongkar cadangan energi lain yang ada di dalam tubuh. Yaitu dari lemak, otot, organ hati dan sumber-sumber lain.

Menurut spesialis penyakit dalam dari RSIA Anugerah Semarang, Panji Aryo Prabowo, aktivitas bongkar-membongkar energi cadangan ini memang wajar terjadi ketika tubuh diajak berpuasa.

"Ketika berpuasa, maka tubuh akan mengalami ketidakseimbangan metabolisme. Ketidakseimbangan ini akan membuat tubuh melakukan hal yang di luar kebiasaan, yaitu membongkar energi cadangan agar tubuh mendapat energi instan yang bisa digunakan untuk beraktivitas," ujar Panji. 

Pembongkaran energi inilah, yang melahirkan berbagai efek kurang nikmat untuk dirasakan. Tubuh akan merasa sangat lemah, lelah, bahkan juga terkadang disertai sensasi panas.

Pembongkaran energi ini juga hal yang biasa terjadi ketika kita berolahraga terlalu kuat. Karena pasokan energi habis, maka tubuh akan mengambil cadangan pada tabungan lemak dan otot.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X