Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Cangkang Telur untuk Suplemen Kalsium

Kompas.com - 18/04/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi cangkang telur Unsplash/Viktor TalashukIlustrasi cangkang telur

KOMPAS.com - Cangkang telur mengandung kalsium tinggi. Itu sebabnya, banyak orang yang akhirnya mengolah sampah dapur ini untuk suplemen tambahan bagi tubuh.

Seperti diberitakan Kompas.com ( 09/02/2021), cangkang telur adalah sumber kalsium yang baik bagi tubuh.

Menurut penelitian di University of Florida, sebuah cangkang telur mengandung 2,2 gram kalsium. Sedangkan rata-rata manusia dewasa hanya membutuhkan sekitar 1 gram kalsium setiap harinya.

Sehingga setengah cangkang telur saja, sebenarnya sudah bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan kalsium seorang dewasa.

Berawal dari berbagai penelitian inilah, orang-orang pun akhirnya memiliki ide kreatif untuk memasukkan cangkang telur ke dalam tubuh.

Salah satu caranya adalah dengan merebus cangkang telur terlebih dahulu untuk mematikan bakteri, baru kemudian memanggangnya hingga kering. 

Kemudian, dengan menggunakan food processor, cangkang telur akan dihaluskan hingga menyerupai bubuk yang aman untuk ditelan. 

Bubuk kalsium dari cangkang telur ini bisa ditaburkan atau ditambahkan ke berbagai sajian. Seperti adonan roti, campuran smoothies atau jus, atau juga olahan sayuran.

Namun, benarkah bubuk kalsium ala cangkang telur ini mengandung banyak manfaat? Apa saja manfaatnya dan apa saja risikonya?

Baca juga: 8 Manfaat Cangkang Telur, Jangan Buru-buru Dibuang

Manfaat bubuk kalsium cangkang telur

Dari laman Healthline disebutkan bahwa bubuk cangkang telur adalah suplemen kalsium yang sangat efektif.

Ilustrasi cangkang telur. PIXABAY/CONGER DESIGN Ilustrasi cangkang telur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X