Kompas.com - 18/04/2021, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Secangkir kopi yang harum wangi memiliki manfaat banyak sekali. Ia bisa mendongkrak semangat, menghalau kantuk, dan menyehatkan kulit juga rambut. 

Manfaat kopi memang luar biasa. Seperti diberitakan Kompas.com (19/03/2021), kopi mengandung antioksidan tinggi sehingga bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan menyehatkan kulit.

Selain itu, kopi juga memiliki aroma khas yang tajam, yang ternyata bisa digunakan untuk mengusir kutu pada anjing juga kucing.

Kopi hitam tanpa campuran apapun, baik gula atau susu, mengandung antioksidan tinggi, vitamin B2, asam pantotenat, kalium, magnesium, mangan, natrium, niacin, dan masih banyak lagi.

Khusus untuk rambut, kopi mengandung dihydrotestosterone (DHT) yang berfungsi mencegah kerontokan rambut laki-laki.

Baca juga: Atasi Masalah Kebotakan dan Rambut Rontok pada Pria dengan Kopi Hangat 

Lantas kafein pada kopi, bisa merangsang pertumbuhan batang rambut dan merangsang pertumbuhan keratin yang merupakan protein penting untuk folikel rambut.

Sedangkan kandungan flavanoid yang dimiliki kopi adalah antioksidan yang bisa mendorong regenerasi sel-sel pada batang rambut, membuat rambut tidak kusam dan anti kusut.

Cara keramas menggunakan kopi

Melansir dari tipsandtricks.co, Keramas rutin menggunakan kopi terbukti bisa membuat rambut sehat berkilau dan jauh dari kusam juga kering.

IlustrasiSHUTTERSTOCK Ilustrasi

Namun ingat, metode ini hanya bisa diaplikasikan pada rambut berwarna gelap, seperti coklat tua hingga hitam.

Untuk rambut berwarna lebih terang, entah pigmen asli atau karena proses pewarnaan, sebaiknya tidak mengaplikasikan metode ini. Karena efek dari bilasan kopi bisa membuat rambut terlihat lebih gelap dan pekat. 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.