6 Manfaat Senyum untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Sakit dan Meningkatkan Imun

Kompas.com - 17/04/2021, 19:45 WIB
Ilustrasi senyum Unsplash/Chaitanya PillalaIlustrasi senyum

KOMPAS.com - Senyum adalah hal positif. Lewat senyum, kita bisa meningkatkan hubungan antar personal. Juga dengan senyum, kita bisa meningkatkan performa diri.

Dilansir dari Health Support Magazine, senyum memang memiliki banyak manfaat positif. Mulai dari meningkatkan mood hingga meningkatkan kualitas hidup. 

Manfaat senyum juga bisa dirasakan oleh orang lain. Orang yang melihat kita tersenyum, akan menilai kita ramah. Efeknya, mood orang tersebut akan sedikit membaik daripada sebelumnya.

Banyak penelitian ilmiah yang sudah membuktikan bahwa senyum bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kita. 

Baca juga: 7 Tips Sehat demi Rambut Tumbuh Lebih Cepat

Berikut adalah 6 alasan mengapa kita harus sering-sering tersenyum:

1. Memperbaiki mood

Jika mood Anda memburuk, atau tengah terjebak anxiety dan depresi, seulas senyum bisa membantu memperbaiki mood Anda.

Ilustrasi senyumUnsplash/Lesly Juarez Ilustrasi senyum

Dalam penelitian tahun 2010 dikatakan, ketika Anda memaksakan diri tersenyum, atau melakukan sesuatu yang bisa memancing senyum, maka hal tersebut bisa membantu Anda memiliki lebih banyak pikiran positif daripada pikiran negatif.

2. Meningkatkan hubungan dengan lingkungan

Orang yang lebih mudah tersenyum bisa dipastikan memiliki hubungan sosial lebih baik daripada mereka yang jarang tersenyum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X