Kompas.com - 17/04/2021, 18:00 WIB
Siklon tropis Surigae yang berbentuk gambar hati tertangkap oleh satelit Himawari-8 pada 16 April 2021. BMKG/HimawariSiklon tropis Surigae yang berbentuk gambar hati tertangkap oleh satelit Himawari-8 pada 16 April 2021.

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bibit siklon di utara Papua berkembang menjadi Siklon Tropis "Surigae".

Siklon ini bergerak ke arah barat laut mendekati wilayah Filipina.

Namun, ada yang tak biasa dengan citra satelit siklon Surigae ini.

Siklon sempat membentuk gambar "hati" ditandai dengan warna merah di tengahnya.

Penampakan itu bisa dilihat dalam twit unggahan foto akun Twitter BMKG @InfoBMKG pada 16 April 2021 lalu.

Dalam foto tertulis foto itu berdasarkan citra inframerah Himawari-8 pada 16 April 2021 pukul 16.00 WIB.

Terdapat awan konvektif signifikan di wilayah Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Sumsel, Lampung, Jabar, Kalbar, Kalteng, Kaltim, Kalut, Sulteng, dan Papua.

Baca juga: Siklon Tropis Surigae Meningkat, 9 Provinsi Diminta Waspadai Hujan dan Angin Kencang

Penjelasan BMKG

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin mengatakan, saat itu siklon bentuknya menyerupai bentuk hati.

Akan tetapi ia mengatakan siklon itu berbentuk hati hanya kebetulan.

"Kalau bentuk itu kebetulan saja seperti itu, dinamika terjadi awannya karena aliran udara di siklon, suhu itu menunjukkan suhu puncak awan," ujar Miming pada Kompas.com, Sabtu (17/4/2021).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X