Sup Pangsit Jepara, Menu Fusion Tertua Kesukaan RA Kartini

Kompas.com - 17/04/2021, 11:30 WIB
Sup pangsit jepara. Dok. Tribun Jatim/ Hefty SuudSup pangsit jepara.

KOMPAS.com - Layaknya sebagian besar kaum wanita, RA Kartini pun suka berkutat di dalam dapur, memilah bahan pangan kemudian memasak.

Ada dua masakan favorit Kartini yang tercatat dalam sejarah. Yaitu ayam besengek dan sup pangsit jepara.

Dua makanan ini terkuak dan lestari dalam sejarah Kartini lantaran pejuang hak-hak wanita tersebut pernah menuliskan resepnya di dalam berlembar-lembar kertas.

Baca juga: Mengenal Sepak Terjang Multatuli, Sosok yang Menginspirasi RA Kartini

Resep fusion tertua

Dalam aksara Jawa, Kartini menulis bahan-bahan pembuatan sajian hingga cara pengolahannya secara runut. Sangat runut, hingga resep ini pun bisa turun-temurun dipraktikkan hingga sekarang.

RA KartiniWIKIMEDIA COMMONS/GPL FDL RA Kartini

Semua catatan resep ini ditulis Kartini dalam ukuran dan takaran abad ke-20. Seperti elo, kati juga cangkir.

Dimana kati adalah satuan berat tradisional yang setara dengan berat 6,25 ons. Kati biasa digunakan masyarakat tempo dulu untuk mengukur bahan-bahan makanan.

Sup pangsit jepara sendiri adalah sajian fusion, yaitu resep lokal yang dipengaruhi oleh citarasa asing dari resep Belanda dan Tionghoa.

Berupa sup bening berisi dadar gulung udang yang menggoda, yang jika dilihat sekilas mirip dengan sup manten khas Solo.

Baca juga: Biografi RA Kartini, Pejuang Emansipasi Perempuan

Resep turun temurun

Tulisan resep Kartini ini menjadi resep rahasia keluarga. Kemudian turun terus hingga terpegang tangan cicit dari Kartini, yaitu Suryatini N. Ganie. 

Di tangan Suryatini, resep-resep kesukaan Kartini tersebut dibukukan ulang dalam buku resep modern berjudul Kisah & Kumpulan Resep Putri Jepara Rahasia Kuliner R.A Kartini, R.A Kardinah, dan R.A Roekmini.

RA Kartini dan adik-adiknyaWIKIMEDIA COMMONS/GPL FDL RA Kartini dan adik-adiknya

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X