[HOAKS] Link Subsidi Listrik PLN Rumah Tangga Daya 450VA dan 900VA

Kompas.com - 17/04/2021, 06:27 WIB
Tangkapan layar unggahan soal adanya subsidi listrik diduga dari PLN yang beredar di media sosial pada Rabu, (14/4/2021). FacebookTangkapan layar unggahan soal adanya subsidi listrik diduga dari PLN yang beredar di media sosial pada Rabu, (14/4/2021).
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi informasi mengenai adanya bantuan subsidi listrik dari PLN untuk rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA, beredar di Facebook pada Rabu, (14/4/2021).

Dalam unggahan juga disebutkan bahwa subsidi listrik dari PLN dapat diakses melalui link situs tokenpln.shop.

Dari hasil penelusuran, informasi tersebut tidak benar atau hoaks. Pihak PLN menegaskan tidak pernah menyelenggarakan bantuan subsidi dari situs itu.

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, informasi tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Alim Sugondo melalui grup publik FB bernama "FORUM KOMUNIKASI BANGSALSARI" pada Rabu, (14/4/2021).

"Sekedar info infohttps://tokenpln.shop/index.php?app=PLN&data1ID=135 *Subsidi listrik* untuk rumah tangga dengan daya *450VA* dan *900VA*," tulis Alim pada unggahannya.

Tangkapan layar ungghan soal adanya subsidi listrik disebut berasal dari PLN.Facebook Tangkapan layar ungghan soal adanya subsidi listrik disebut berasal dari PLN.

Dalam unggahan itu juga muncul logo PLN dengan cap "Gratis".

Hingga kini, unggahan itu sudah direspons sebanyak 11 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Penelusuran Kompas.com

Vice President Public Relations PLN, Arsyadany G. Akmalaputri mengatakan bahwa informasi yang beredar di media sosial tersebut adalah hoaks.

"Situs itu bukan punya PLN. Alamat linknya bukan dari PLN," ujar Arsya saat dihubungi Kompas.com pada Rabu, (14/4/2021).

Ia mengatakan situs resmi PLN yakni www.pln.co.id.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X