[KLARIFIKASI] Presiden Joe Biden Berlutut di Depan Anak George Floyd

Kompas.com - 16/04/2021, 14:10 WIB
Ilustrasi klarifikasi KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi klarifikasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Sebuah foto berisi Presiden Amerika Serikat Joe Biden sedang berlutut di depan seorang anak kecil beredar di media sosial.

Dalam narasinya, pengunggah menyebutkan bahwa Joe Biden berlutut memohon maaf di depan anak laki-laki George Floyd atas kesalahan pihak polisi.

Dari penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut tak sesuai dengan fakta foto dan butuh klarifikasi lebih lanjut.

Narasi yang beredar

Akun yang mengunggah foto tersebut adalah Khairul Asyhar Idris di Facebook pada 14 April 2021.

Berikut isi unggahannya:

Pemimpin hebat dunia , Presiden USA Joe Biden berlutut, memohon maaf didepan anak lelaki George Floyd diatas kesilapan pihak Polis terhadap kematian Bapanya.

"Ular menyusur akar, tidak akan hilang bisanya"

Tangkapan layar unggahan Facebook berisi foto Joe Biden sedang berlutut di depan seorang anak Tangkapan layar unggahan Facebook berisi foto Joe Biden sedang berlutut di depan seorang anak

Lantas, benarkah Joe Biden berlutut meminta maaf di depan anak George Floyd?

Penelusuran Kompas.com

Melansir AFP, anak laki-laki dalam foto tersebut bukanlah anak dari George Floyd, melainkan putra pemilik toko Three Thirteen.

Foto itu diambil pada September 2020 saat Biden berbelanja untuk cucunya di toko pakaian Three Thirteen, Detroit, Michigan.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X