Kompas.com - 15/04/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi menjaga kesehatan mulut Pixabay/ Tho GeIlustrasi menjaga kesehatan mulut

KOMPAS.com - Mulut adalah pintu gerbang tubuh. Lewat lubang mulut, ribuan bakteri dan virus bisa menerobos masuk dan mempengaruhi kesehatan tubuh.

Jadi jika ingin tubuh selalu bugar jauh dari penyakit, yang pertama kali harus Anda lakukan adalah menjaga kesehatan mulut, termasuk di dalamnya adalah menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Saran ini ditegaskan kuat-kuat oleh drg. MI. Grace W. Susanto asal Semarang. Menurut Grace, karang dan plak gigi bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan dari yang sifatnya ringan hingga yang sifatnya berat.

Baca juga: Pencegahan dan Penanganan Sakit Gigi Selama Puasa

Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan rongga mulut, agar selama puasa Anda tak direpotkan dengan munculnya berbagai gangguan kesehatan yang menyebalkan.

1. Bersihkan karang dan plak gigi

Karang dan plak gigi bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari sakit gigi hingga gangguan pernapasan.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Salah seorang pasien Grace datang dengan keluhan napas berat selama puasa. Laki-laki usia 58 tahun itu ternyata mantan perokok yang memiliki banyak karang gigi. Setelah karang giginya dibersihkan, gangguan pernapasannya pun menghilang.

"Karang gigi bisa menekan saraf perifer. Saraf perifer yang terhimpit ini bisa mempengaruhi peredaran darah. Ditambah ada riwayat perokok, yang tentu saja sisa-sisa nikotinnya masih ada, maka muncullah gejala napas berat tersebut," ujar dokter yang pernah menjadi dokter gigi untuk yayasan autis ini kepada Kompas.com, Kamis (15/04/2021).

Baca juga: 7 Cara Mencegah Karang Gigi yang Baik Dilakukan

2. Jaga kondisi pH mulut

Di tengah puasa seringkah Anda merasa mulut terasa pahit, terdera bau mulut, atau malah gejala mag berlomba datang? Jika iya, bisa jadi tingkat keasaman dalam mulut Anda ada di bawah rata-rata.

.SHUTTERSTOCK .

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X