Berkaca dari Kasus Gay di Thailand, Mengapa Netizen Gemar Nyinyir dan Komentar Negatif di Jagat Maya?

Kompas.com - 15/04/2021, 13:31 WIB
Suriya Koedsang (kanan) bersama suaminya dalam pesta pernikahan. Pasangan sesama jenis asal Thailand itu dihujat oleh netizen Indonesia, bahkan mengarah ke ancaman mati. FACEBOOK/SURIYA KOEDSANG via CoconutSuriya Koedsang (kanan) bersama suaminya dalam pesta pernikahan. Pasangan sesama jenis asal Thailand itu dihujat oleh netizen Indonesia, bahkan mengarah ke ancaman mati.

KOMPAS.com - Media sosial baru-baru ini diramaikan dengan informasi adanya pasangan gay asal Thailand yang mengaku mendapat banyak komentar negatif dari netizen asal Indonesia atas pernikahan yang dilakukan keduanya.

Mereka mempertanyakan mengapa mereka mendapat hujatan itu dari netizen negara lain, padahal mereka menikah di negaranya sendiri secara resmi dan bahagia dengan adanya restu keluarga.

Baca juga: Menilik Penyebab Microsoft Sebut Warganet Indonesia Tidak Sopan Se-Asia Tenggara

Apakah hal ini menunjukkan kebenaran survei Microsoft yang menempatkan netizen Indonesia di jajaran akhir dari urutan netizen tersopan di dunia?

Pengamat media sosial Enda Nasution menyebut, hal ini sesungguhnya tidak bisa disimpulkan bahwa netizen Indonesia memiliki sifat yang lebih buruk dibandingkan netizen dari negara lain.

Enda menjelaskan pada dasarnya sifat seseorang saat berada di dunia maya memang akan berbeda dengan perangainya di dunia nyata.

"Ada kecenderungan memang di media sosial kita itu jadi lebih julid ya, atau lebih kasar gitu ya, atau lebih berani juga untuk menyampaikan pendapat yang belum tentu benar," kata Enda saat dihubungi Kompas.com, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Ramai soal Penipuan COD di Medsos, Bagaimana Mengantisipasinya?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X