Kompas.com - 15/04/2021, 09:05 WIB
Desa Rana Kulang, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, NTT menjadi pusat Tanaman porang. ribuan tanaman porang ditanam oleh petani dan juga ada petani milenial Porang di desa tersebut, Februari 2021. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR) KOMPAS.COM/MARKUS MAKURDesa Rana Kulang, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, NTT menjadi pusat Tanaman porang. ribuan tanaman porang ditanam oleh petani dan juga ada petani milenial Porang di desa tersebut, Februari 2021. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

KOMPAS.com – Tanaman Porang kembali menjadi perhatian karena memiliki nilai jual tinggi.

Kisah sukses para petani menanam porang mencuat, salah satunya petani di Kampung Lendo, Desa Gunung Baru Kecamatan Kota Komba Utara, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, yang meraup keuntungan hingga Rp 50 juta.

Aktivitasnya menanam porang berawal dari mencabut bibitnya di hutan. 

Tak hanya petani asal NTT. Dari sejumlah pemberitaan Kompas.com, keuntungan juga dirasakan oleh sejumlah petani porang dari berbagai daerah seperti Madiun, Kalimantan Selatan, Wonogiri dan berbagai daerah lainnya.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Porang, Kerabat Bunga Bangkai yang Memiliki Nilai Jual Tinggi

Apa saja yang perlu kita tahu dari tanaman porang? Ini sejumlah faktanya, dirangkum dari sejumlah pemberitaan Kompas.com:

1. Nama ilmiah

Tanaman porang merupakan tanaman yang berasal dari marga Amorphophallus. Porang memiliki nama ilmiah Amorphallus mueleri.

Peneliti Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia LIPI Ina Erlinawati mengatakan, porang masih keluarga bunga bangkai.

"Iya (masih keluarga bunga bangkai), masih satu marga Amorphophallus, tapi nama latin untuk jenis Porang adalah Amorphophallus muelleri," kata Ina, seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (14/4/2021).

2. Kandungan gizi

Bagian dari tanaman porang yang dimanfaatkan dan memiliki nilai khasiat tinggi adalah bagian umbinya.

Bagian umbi ini memiliki kandungan Glucomannan dan kalsium yang tinggi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X