Perpanjangan SIM via Aplikasi Digital Korlantas Polri, Ini Tahapannya

Kompas.com - 14/04/2021, 10:00 WIB
Tampilan aplikasi Digital Korlantas Polri yang mencakup layanan perpanjangan SIM A dan C. Screenshot aplikasi Play StoreTampilan aplikasi Digital Korlantas Polri yang mencakup layanan perpanjangan SIM A dan C.

KOMPAS.com - Korlantas Polri telah merilis aplikasi ponsel khusus untuk perpanjangan surat izin mengemudi (SIM), yakni "Digital Korlantas Polri".

Masyarakat dapat memperpanjang SIM dengan memilih layanan SIM Nasional Presisi (SINAR) pada aplikasi tersebut.

Jadi, nanti proses perpanjangan SIM tidak perlu lagi repot datang ke Satpas. Pemohon cukup melakukan registrasi dan mengikuti berbagai arahan melalui ponsel saja.

Baca juga: Simak, Ini Syarat dan Cara Perpanjang SIM Online melalui Ponsel

SIM Nasional Presisi

SIM Nasional Presisi atau Sinar merupakan pelayanan pembuatan dan perpanjangan izin mengemudi secara online, berbasis aplikasi. Layanan ini untuk mempermudah masyarakat dalam perpanjangan dan pembuatan SIM.

Peluncuran aplikasi ini sesuai dengan program 100 hari kerja Kapolri untuk melakukan modernisasi pelayanan masyarakat.

"Tujuan pembangunan aplikasi ini adalah mempermudah pelayanan masyarakat dalam pembuatan SIM di mana saja dan kapan saja," kata Kakorlantas Polri Irjen (Pol) Istiono.

Adapun, aplikasi "Digital Korlantas Polri" telah tersedia untuk layanan Android dan akan menyusul bagi pengguna iPhone.

Fitur aplikasi Digital Korlantas Polri

SIM Onlinescreenshoot SIM Online

Dilansir dari laman digitalkorlantas.id, setidaknya ada empat fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut.

  • Pertama, yakni SINAR. Terdapat dua layanan yang diberikan, pendaftaran dan perpanjangan SIM.
  • Kedua, SIGNAL (Samsat Digital Nasional). Fitur ini menyedakan tiga layanan, yaitu pembayaran PKB, E-TBPKP dan E-Pengesahan, serta Samsat keliling.
  • Ketiga, NTMC Polri. Ada dua layanan di dalamnya, yaitu CCTV dan berita terkini dari NTMC Polri.
  • Keempat, ada ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement). Pada fitur ini akan ada notifikasi real time jika ada informasi E-Tilang.

Baca juga: Perpanjang SIM Online Lewat Ponsel, Apa Tetap Perlu Tes?

Belum bisa buat SIM baru, hanya untuk perpanjangan

Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korlantas Polri Kombes Pol Jati menuturkan, aplikasi ini belum bisa untuk membuat SIM baru.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X