Kompas.com - 13/04/2021, 20:00 WIB
 Ilustrasi vaksinasi. Dok. Shutterstock Ilustrasi vaksinasi.

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan program vaksinasi Covid-19 akan tetap berjalan selama bulan Ramadhan 1442 H.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang hukum vaksinasi covid-19 pada saat berpuasa.

Fatwa bahwa vaksinasi covid tak membatalkan puasa, dan boleh dilakukan bagi umat muslim yang sedang berpuasa. Oleh karena itu vaksinasi akan tetap dilaksanakan.

"Kita pastikan vaksinasi tidak akan kita kurangi atau hentikan. Yang pasti, pemerintah akan tetap terus mengupayakan ketersediaan vaksin ini," kata Nadia pada konferensi pers secara virtual via YouTube Kemenkes, Senin (12/4/2021).

Ada beberapa hal yang perlu disesuaikan dalam pelaksanaan vaksinasi selama bulan Ramadhan dari waktu hingga jumlah tenaga kesehatan.

Baca juga: Dapat Jadwal Vaksinasi Saat Puasa, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Waktu vaksinasi

Nadia mengatakan, proses vaksinasi dilakukan siang hari saat umat muslim menjalankan ibadah puasa.

Vaksinasi juga dapat dilakukan saat malam hari selama tak mengganggu ibadah ramadhan.

"Pelaksaan vaksinasi pada malam hari kami mendorong koordinasi yang dilakukan oleh para pengurus masjid bersama puskesmas, melalui RT, RW lurah atau kades setempat, untuk menjalankan vaksinasi yang dilakukan setelah pelaksanaan ibadah puasa di siang hari," ujar dia.

Baca juga: Apakah Vaksinasi Covid-19 Membatalkan Puasa? Ini Fatwa Mufti Arab Saudi dan Al-Azhar

Vaksinasi di masjid

Sejauh ini, beberapa masjid sudah jadi posko pelayanan vaksinasi di beberapa daerah.

Hanya saja di bulan Ramadhan, vaksinasi perlu memperhatikan waktu ibadah shalat tarawih.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X