Arkeolog Temukan Kota Kuno Firaun Berusia 3.000 Tahun di Mesir

Kompas.com - 11/04/2021, 13:15 WIB
Aten, kota kuno di Mesir yang berusia 3.000 tahun dan berhasil ditemukan oleh tim arkeolog. Kota itu masuk wilayah Luxor, sekitar 500 kilometer di selatan ibu kota Mesir, Kairo. ZAHI HAWASS CENTER FOR EGYPTOLOGY via THE TIMES OF ISRAEL Aten, kota kuno di Mesir yang berusia 3.000 tahun dan berhasil ditemukan oleh tim arkeolog. Kota itu masuk wilayah Luxor, sekitar 500 kilometer di selatan ibu kota Mesir, Kairo.

 

KOMPAS.com - Para arkeolog pada Sabtu (10/4/2021) memamerkan temuan mereka berupa kota kuno terbesar yang pernah ditemukan di Mesir.

Kota itu diketahui berasal dari zaman keemasan firaun dan berusia sekitar 3.000 tahun yang lalu.

Baca juga: Arkeolog Temukan 500 Benda Kuno Berusia 3.000 Tahun yang Jelaskan Asal Mula Bangsa China

Kota kuno ini berlokasi di dekat Luxor, para pekerja dengan hati-hati membawa benda-benda kuno serta menunjukkan sisa-sisa tulang manusia dan hewan.

"Ini adalah kota besar yang hilang. Itu berhubungan dengan dewa Aton dan Amenhotep III," kata ahli Mesir Kuno Hawass dengan antusias, dikutip dari AFP, Sabtu (10/4/2021).

3 Distrik

Arkeolog juga menemukan tiga distrik utama yang terdiri dari satu distrik administrasi, distrik tempat tinggal pekerja, dan satu lagi untuk industri. 

Ruang tersebut meliputi bengkel untuk mengeringkan daging, membuat pakaian dan sandal, serta membuat jimat dan patung kecil.

Kepala Dewan Tertinggi Purbakala Mostafa Waziri negara mengatakan situs itu tidak terbatas pada bangunan.

"Kita bisa lihat kegiatan ekonomi, bengkel, dan oven," ujarnya.

Hawass telah mengumumkan awal pekan ini penemuan "kota emas yang hilang", sementara tim arkeologi mengatakan penemuan itu adalah "kota kuno terbesar" yang pernah ditemukan di Mesir.

"Kami hanya menemukan satu bagian kota. Kota itu meluas ke barat dan utara," kata Hawass.

Baca juga: Arkeolog Temukan Kereta Kuno Romawi Berusia 2.000 Tahun di Pompeii

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X