Foto Viral Fenomena Langit Berwarna Setelah Gempa, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kompas.com - 11/04/2021, 12:49 WIB
Tangkapan layar unggahan fenomena langit berwarna setelah gempa Malang yang terjadi pada Sabtu, (10/4/2021). TwitterTangkapan layar unggahan fenomena langit berwarna setelah gempa Malang yang terjadi pada Sabtu, (10/4/2021).

KOMPAS.com - Di media sosial, beredar foto yang memperlihatkan kondisi langit tertutup awan dan memancarkan warna pelangi, Sabtu (10/4/2021).

Narasi yang dituliskan pengunggah, fenomena langit ini terjadi setelah gempa bumi. 

Beberapa pengguna Twitter lainnya juga mengunggah foto yang sama, memperlihatkan awan dengan pancaran cahaya.

Hingga Minggu (11/4/2021), foto tersebut telah dibagikan ulang sebanyak 62 kali dan disukai lebih dari 565 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Video Viral Cara Menghentikan Kereta Api, Ini Kata KAI

Bagaimana penjelasan soal fenomena langit ini?

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, fenomena langit tersebut tidak ada hubungannya dengan kejadian gempa yang terjadi di Malang pada Sabtu kemarin.

"Tidak ada hubungannya," ujar Daryono saat dihubungi Kompas.com, Minggu (11/4/2021).

Menurut dia, fenomena pancaran sinar pada awan setelah gempa hanya kebetulan.

Fenomena cloud irisdence

Sementara itu, saat dihubungi secara terpisah, astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo, mengatakan, fenomena langit berawan yang terlihat pada foto di atas dan memancarkan cahaya pelangi disebut sebagai fenomena atmosfer yang iritasi atau cloud irisdence.

"Ini fenomena atmosfer murni akibat adanya sumber cahaya kuat (Matahari) dan penghalang awan yang bagian tepinya lebih tipis," ujar Marufin kepada Kompas.com, Minggu (11/4/2021).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X