8 Makanan Paling Berbahaya Bagi Tubuh dan Cara Benar Mengonsumsinya

Kompas.com - 11/04/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi berbagai jenis sajian makanan Unsplash/Rachel ParkIlustrasi berbagai jenis sajian makanan

KOMPAS.com - Beberapa jenis makanan tergolong berbahaya untuk disantap. Entah karena mengandung racun alami, penyimpanan yang sering salah sehingga berpotensi menimbulkan penyakit, atau malah membuat kita terluka ketika akan memakannya.

Dr Keith Kantor, ahli gizi dan CEO dari Nutritional Addiction Mitigation Eating and Drinking Program, menyusun daftar makanan berbahaya yang sebaiknya kita hindari.

Dilansir dari The Insider, ini adalah 10 makanan berbahaya yang bisa merugikan tubuh:

1. Biji buah cherry

Hati-hati jika mengonsumsi buah cherry karena bijinya mengandung zat beracun yaitu hydrogen cyanide atau hidrogen sianida.

Begitu juga biji dari buah plum, aprikot dan peach. Masing-masing memiliki biji yang sebaiknya tidak dikonsumsi.

Meski jika tertelan dalam jumlah kecil tak menimbulkan banyak masalah. Biji ini akan berakibat fatal jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Hidrogen sianida  yang juga terdapat pada singkong ini dapat menimbulkan banyak gangguan kesehatan seperti penyempitan saluran napas, mual, sakit kepala, hingga menyebabkan kematian jika dalam dosis besar.

Solusi: jika ingin mengonsumsi buah cherry, plum atau peach, sebaiknya buang bijinya agar tak menyebabkan masalah di dalam tubuh.

Baca juga: Resep Puding Coklat Saus Peach buat Pemula, Cuma 4 Bahan

2. Casu Marzu

Seperti diberitakan Kompas.com (19/03/2021), casu marzu adalah keju asli Sardinia yang digolongkan ke dalam bahan pangan berbahaya dan masuk kriteria barang ilegal.

Keju ini mengandung belatung. Mengalami proses fermentasi lama hingga secara sengaja ditumbuhkan belatung untuk mencari citarasa paling khas.

Belatung yang ada pada keju tentu saja berbahaya. Jika Anda tak mengunyahnya dengan baik dan benar hingga belatung mati, masih akan ada belatung hidup yang menerobos masuk ke saluran cerna Anda dan berpotensi menimbulkan banyak masalah.

Untuk mengonsumsinya sendiri Anda harus mengenakan kacamata. Agar belatung yang masih hidup tidak meloncat dan melukai mata.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X