Kompas.com - 11/04/2021, 09:04 WIB
Tangkapan layar unggahan soal 6 makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan. FacebookTangkapan layar unggahan soal 6 makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Di media sosial Facebook, beredar sebuah unggahan yang membagikan tangkapan layar dengan klaim narasi 6 makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.

Bahkan, ada yang disebut bisa menyebabkan kematian jika makanan itu dikonsumsi berbarengan.

Dalam unggahan itu, dibagikan kombinasi makanan apa saja yang berbahaya.

Saat dikonfirmasi, dokter ahli gizi menyatakan bahwa keseluruhan informasi dalam unggahan itu tidak benar.

Narasi yang beredar

Informasi di atas dibagikan oleh seorang pengguna Facebook. Ia mengunggah 6 foto tangkapan layar yang memuat klaim 6 makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan.

Tangkapan layar unggahan soal makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan.Facebook Tangkapan layar unggahan soal makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan.
Pada foto pertama, terlihat foto pria menggunakan alat bantu pernapasan pada posisi berbaring. Dalam foto itu, ada teks "Bahaya! 6 Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan No.4 Bisa Menyebabkan Kematian".

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada foto kedua, tertulis: "5. Sayur Bayam dengan Kedelai. Bayam tidak cocok dikonsumsi bersamaan dengan kedelai. Bayam mengandung asal oksalat yang dapat bereaksi dengan kalsium yang ada pada kedelai. Reaksi tersebut dapat membentuk endapan yang tidak dapat larut di dalam usus".

Pada foto ketiga, tertulis: "6. Mie Instan dan coklat. Mengkonsumsi mie instan dengan cokelat bisa menyebabkan penyakit hati, ginjal, pembuluh, darah rusak dan jantung apabila dikonsumsi secara bersamaan".

Pada foto keempat, tertulis: "Daging dengan semangka. Buah semangka memang terasa segar dinikmati setelah makan-makanan berat, namun jangan sekali-kali mengkombinasikan semangka dengan olahan daging kambing. Semangka disebut buah yang 'dingin' dalam makanan, sedangkan daging kambing dasarnya 'panas' di tubuh, ketika dikonsumsi bersamaan, efek bergizi dari daging kambing akan menurun secara drastis".

Pada foto kelima, tertulis: "3. Udang dengan jus jeruk. Mengkonsumsi udang pada hari yang sama dengan jus jeruk, akan memiliki risiko yang serius karena zat senyawa dari udang dapat berubah zat kimia beracun saat bertemu dengan vitamin C dalam jus jeruk, bahkan bisa menyebabkan kematian".

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X