Elon Musk Bagikan Video Monyet yang Otaknya Ditanam Chip Tengah Bermain Game

Kompas.com - 10/04/2021, 19:54 WIB
CEO Tesla, Elon Musk. Getty Images via DW IndonesiaCEO Tesla, Elon Musk.

KOMPAS.com - Elon Musk merilis rekaman sebuah video pada Jumat (9/4/2021) yang memperlihatkan seekor monyet memainkan video game sederhana setelah mendapatkan implan teknologi baru.

Video berdurasi 3 menit yang diunggah oleh perusahaan start-up Elon Musk, Neuralink, memperlihatkan seekor kera jantan meminkan game 'Mind Pong'.

Monyet itu telah ditanami chip di setiap sisi otaknya.

Ia mengontrol permainan itu hanya dengan berpikir tentang menggerakkan tangannya ke atas atau ke bawah.

"Produk @Neuralink pertama akan memungkinkan seseorang dengan kelumpuhan untuk menggunakan smartphone dengan pikiran mereka lebih cepat daripada seseorang yang menggunakan jempol," tulis Musk dalam Twitter-nya, dikutip dari Reuters, Sabtu (10/4/2021).

"Versi yang lebih baru akan dapat mengalihkan sinyal dari Neuralinks di otak ke Neuralinks di klaster motorik atau sensorik tubuh, sehingga memungkinkan, misalnya, orang lumpuh untuk berjalan kembali," tambahnya.

Menurut Musk, perangkat itu ditanamkan dengan tengkorak dan mengisi daya secara nirkabel sehingga terlihat benar-benar normal.

Sebelum menanamkan implan versi awal pada monyet, Neuralink lebih dulu menanamkan prototipe implan pada babi bernama Gertrude.

Dikritik

Eksperimen yang dilakukan Musk dan Neuralink ini menuai kritikan dari organisasi hak binatang.

Namun, Musk bersikeras bahwa primata yang dijadikan subjek uji coba Neuralink tidak terganggu dengan implan yang ditanamkan pada tengkorak kepalanya tersebut.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X