Memanfaatkan Lembar Koran Lama untuk Bercocok Tanam

Kompas.com - 10/04/2021, 16:30 WIB
Memanfaatkan koran bekas untuk bercocok tanam Unsplash/Yang XiaMemanfaatkan koran bekas untuk bercocok tanam

KOMPAS.com - Tumpukan koran lama jangan dilempar ke tempat sampah. Lembar demi lembarnya bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam di pekarangan rumah.

Dengan memanfaatkan koran lama, Anda jelas akan hemat pundi-pundi. Selain juga, ikut menyelamatkan lingkungan dengan tak memproduksi banyak sampah.

Ada beberapa cara kreatif memanfaatkan koran untuk pekarangan rumah. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Baca juga: Cara Menanam Bawang Merah Tanpa Bibit, Cara Hemat Bumbu Dapur

1. Mencegah rumput liar merusak tanaman

Rumput liar terkadang menyebalkan. Apalagi di musim penghujan, dimana rumput bisa tumbuh dengan subur dan cepat di sela-sela tanaman hias dan sayur Anda.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan koran lama yang menumpuk di gudang. Caranya, cari koran yang tak berwarna, yang hanya menggunakan tinta hitam di permukaanya.

Kemudian, potong-potong koran sesuai dengan area yang ingin Anda bebaskan dari rumput liar.

Letakkan potongan-potongan koran di area yang sudah ditandai, lantas timbun dengan tanah atau media tanam.

Area yang di dalamnya ada lembaran korannya tak akan tumbuh rumput selama kurang lebih setahun lamanya, atau hingga koran membusuk menjadi kompos.

Tanah yang di atasnya diberi tumpukan koran tak akan bisa mencapai sinar matahari, sehingga benih rumput-rumputan yang ada di dalamnya tak akan bisa tumbuh.

Baca juga: Waspada, Jenis Hama dan Penyakit yang Mengancam Tanaman Hidroponik

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X