Gempa Magnitudo 6,7 Hari Ini Trending di Twitter

Kompas.com - 10/04/2021, 15:16 WIB
Gempa 6,7 M pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB. Guncangan gempa dirasakan warga di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta. BMKGGempa 6,7 M pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB. Guncangan gempa dirasakan warga di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 mengguncang sejumlah daerah di Pulau Jawa hari ini Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami.

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG melaporkan titik koordinat gempa terjadi pada 8,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur.

Baca juga: Gempa Magnitudo 6.7, Terasa di Sejumlah Wilayah di Jawa

Episenter gempa

Episenter gempa berada di laut dengan jarak 90 km dari arah barat daya Kabupaten Malang. Gempa memiliki kedalaman 25 km.

Pusat gempa terletak di antara:

  • 90 km baratdaya Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • 95 km Tenggara Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  • 100 km Tenggara Kota Blitar, Jawa Timur
  • 190 km BaratDaya Surabaya, Jawa Timur
  • 700 km Tenggara Jakarta, Indonesia

Belum diketahui ada atau tidaknya dampak dari gempa ini. Begitu juga dengan korban jiwa.

Baca juga: Gempa Malang, Analisis, dan Potensi Gempa Susulan...

Trending di Twitter

Sontak setelah gempa tersebut terjadi, kata kunci "Gempa", "Malang", dan "BMKG" menjadi trending topic di jagad media sosial Twitter.

Salah satu warganet, @zlfannd mengunggah sebuah video yang menampilkan kondisi rumahnya di dekat episenter gempa, Blitar, mengalami kerusakan.

"Gempa Malang , rumahku blitar temboknya runtuh astaghfirullahalazim," tulisnya.

Selain itu, sejumlah warganet juga menceritakan bahwa getaran gempa tersebut dirasakan di Bali, Jogja, hingga Semarang.

"Gempa dah jogja"

"Pusat gempa nya di Malang tp Semarang jg kerasa getaran nya. Wlpn cmn beberapa detik tp trauma gempa di Jogja dulu waktu kecil masih kerasa bgt bekas nya. Ya Allah"

 Baca juga: Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Malang, Berikut Wilayah yang Ikut Merasakan


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X