Kompas.com - 10/04/2021, 13:10 WIB
Ilustrasi kekurangan magnesium Pixabay/AbsolutvisionIlustrasi kekurangan magnesium

KOMPAS.com - Magnesium memegang peranan penting dalam metabolisme tubuh. Selain membentuk struktur tulang, magnesium masih memiliki banyak manfaat lain.

Seperti menunjang kinerja saraf dan otot, menetralkan asam lambung dan melancarkan proses pembuangan feses dalam usus, hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Kebutuhan magnesium untuk pria dan wanita dewasa berbeda-beda. Untuk pria, dibutuhkan sekitar 400-420 mg magnesium per hari.

Sedangkan untuk wanita, dibutuhkan sekitar 310-320 mg magnesium per hari.

Di dalam tubuh, magnesium sebagian besar ada di dalam tulang. Sisanya tersebar ke seluruh jaringan tubuh.

Kita bisa mendapatkan magnesium dari berbagai bahan makanan. Seperti bayam, tahu, coklat, dan kacang-kacangan seperti almond.

Lantas apa yang terjadi jika tubuh kita kekurangan magnesium? Kondisi ini dinamakan hipomagnesemia, terjadi jika magnesium dalam darah kurang dari 1,8 ml/dL.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Penting untuk Fungsi Tubuh, Berikut 6 Jenis Makanan Kaya Magnesium

Ketika tubuh mengalami hipomagnesima, akan ada banyak gejala yang bisa ditampakkan oleh tubuh. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Anxiety

Anda tiba-tiba gelisah dan panik tanpa sebab? Bisa jadi itu alarm tubuh yang menandakan Anda kekurangan magnesium.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X