Makan Pepaya Berlebihan Disebutkan Mempunyai Efek Buruk, Benarkah? Simak Penjelasan Ahli Gizi Berikut...

Kompas.com - 10/04/2021, 12:04 WIB
Buah pepaya healthyfoodstar.comBuah pepaya

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menuliskan tentang efek buruk dari mengonsumsi buah pepaya secara berlebihan beredar di media sosial Facebook.

Dalam unggahan itu disebutkan, mengonsumsi buah pepaya, baik mentah maupun matang secara berlebihan, dapat menimbulkan sejumlah gangguan, seperti gangguan pencernaan, memperlambat detak jantung, menyebabkan ruam kulit, dan masih banyak lagi.

Bahkan, dalam unggahan itu juga disebutkan bahwa mengonsumsi buah pepaya secara berlebihan dapat menyebabkan masalah dengan kesuburan.

Salah satu pihak yang mengunggah terkait efek buruk dalam mengonsumsi pepaya berlebihan yakni akun @Rumah Shiatsu Merkuri 26.

Baca juga: [HOAKS] Filter Rokok Mengandung Darah Babi

Lantas benarkah hal tersebut?

Diare dan kembung

Dokter spesialis gizi klinik Inge Permadhi mengatakan bahwa mengonsumsi pepaya setiap hari baik bagi tubuh dan memang dianjurkan.

"Sejak zaman nenek moyang, kita makan pepaya sehat-sehat saja. Makanan yang sehat, bagi saya itu setiap hari makan pepaya, kalau bisa," kata Inge saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/4/2021).

Akan tetapi, sama seperti semua makanan pada umumnya, konsumsi pepaya yang berlebih dengan jumlah tidak wajar justru tidak baik.

Efek paling buruk jika makan pepaya secara berlebihan akan membuat kembung dan diare.

"Kalau makan kebanyakan, paling menceret karena kebanyakan serat. Sampai orang kembung begitu," imbuh Inge.

Apa pun jenis makanannya, jika dikonsumsi berlebih memang menimbulkan reaksi tertentu.

Maka, Inge menyarankan untuk makan pepaya setiap hari dengan jumlah wajar.

Baca juga: 10 Risiko Konsumsi Miras bagi Kesehatan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X