Ramai Jasa Penukaran Saldo Pelatihan Prakerja Jadi Uang Tunai, Apakah Bisa?

Kompas.com - 10/04/2021, 08:04 WIB
Ilustrasi Kartu Prakerja. prakerja.go.idIlustrasi Kartu Prakerja.

KOMPAS.com - Di media sosial beredar unggahan yang berisi penawaran penukaran sisa saldo Kartu Prakerja menjadi uang tunai.

Unggahan tersebut dibagikan oleh pemilik akun Ross Adi di grup Facebook Diskusi Kartu Prakerja, Rabu (7/4/2021).

Pengunggah meminta kepada mereka yang memiliki sisa saldo Prakerja dan berniat untuk menukarkannya dengan uang, agar menghubungi melalui direct message.

"Yg masih punya saldo pelatihan dan ingin tukar dengan uang jajan. Bisa dm saya. Kasian ga kepake, mending ditukar dengan uang. Hatur nuwun," tulis Ross Adi.

Baca juga: Ramai soal Gambar Lonceng di Halaman Dashboard Kartu Prakerja, Apa Itu?

Tangkapan layar unggahan yang berisi penawaran penukaran sisa saldo Kartu Prakerja menjadi uang tunai.FACEBOOK Tangkapan layar unggahan yang berisi penawaran penukaran sisa saldo Kartu Prakerja menjadi uang tunai.

Hingga Jumat (9/4/2021) sore, unggahan tersebut telah disukai 235 kali, dikomentari 733 kali, dan dibagikan 3 kali oleh sesama warganet.

Saat dilakukan penelusuran di kolom komentar, ada warganet yang berminat dan tidak sedikit pula yang meragukan hal itu.

Baca juga: Hari Ini, Batas Akhir Pembelian Pelatihan Pertama Kartu Prakerja Gelombong 13

Apakah saldo pelatihan Prakerja memang bisa ditukarkan menjadi uang tunai? Simak penjelasan pengelola Kartu Prakerja!

Tidak bisa diuangkan

Saat dikonfirmasi, Head of Communications Manajemen Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menegaskan, saldo pelatihan Prakerja tidak bisa ditukarkan menjadi uang tunai.

"Saldo pelatihan tidak bisa diuangkan dan tidak mungkin diuangkan," ujar Louisa saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/4/2021).

Alasannya, kata Louisa, dana pelatihan tersebut ada di virtual account, bukan di akun rekening masing-masing peserta.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X