Ingat, Ada Ketentuan Wajib Karantina hingga Razia pada 6-17 Mei 2021

Kompas.com - 09/04/2021, 19:32 WIB
Ilustrasi Mudik KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi Mudik

KOMPAS.com - Pemerintah melarang mudik Lebaran tahun ini untuk menekan angka Covid-19 di Indonesia.

Pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah berlaku pada 6-17 Mei 2021. Pembatasan ini berlaku bagi ASN, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD, pegawai swasta, dan seluruh lapisan masyarakat.

Meski mudik dilarang, beberapa kegiatan bepergian lintas wilayah diperbolehkan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (9/4/2021), mengatakan, ada pengecualian untuk layanan distribusi logistik maupun keperluan mendesak.

Baca juga: 8 Poin Larangan Mudik Lebaran Berlaku 6-17 Mei 2021

"Seperti untuk bekerja atau perjalanan dinas, kunjungan sakit/duka, dan pelayanan ibu hamil dengan pendamping maksimal 1 orang serta pelayanan ibu bersalin dengan pendamping maksimal 2 orang," ujar Wiku.

Mereka yang mendapatkan izin untuk melakukan perjalanan pada periode itu wajib melakukan karantina mandiri.

"Harap dicatat pula bahwa masyarakat yang mendapatkan izin untuk melakukan perjalanan pada periode ini wajib melakukan karantina mandiri selama 5x24 jam setibanya di tempat tujuan sebelum melakukan aktivitas," kata Wiku.

Karantina dilakukan di fasilitas yang disediakan pemerintah daerah dan hotel dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, serta biaya mandiri.

Syarat bepergian bagi yang dikecualikan

Wiku mengatakan, ada prasyarat perjalanan yang harus dipenuhi oleh pelaku perjalanan yang dikecualikan, yaitu surat izin dari pimpinan instansi pekerjaan khusus untuk ASN, pegawai BUMN/BUMD, anggota TNI/Polri yang diberikan oleh pejabat setingkat eselon II dengan tanda basah/elektronik yang dibubuhkan.

Untuk pekerja sektor informal maupun masyarakat yang memiliki keperluan mendesak, perlu meminta surat izin perjalanan dari pihak desa/kelurahan sesuai domisili masing-masing.

Baca juga: ASN dan Keluarganya Dilarang Mudik atau ke Luar Kota pada 6-17 Mei 2021

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X