UTBK di UI: Cara Cek Lokasi Ujian hingga Ketentuan bagi Peserta

Kompas.com - 09/04/2021, 13:52 WIB
Ilustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Shutterstock/HarismoyoIlustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

KOMPAS.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 akan dimulai pada Senin (12/4/2021).

Salah satu pusat UTBK-SBMPTN adalah Universitas Indonesia (UI). Gelombang pertama UTBK SBMPTN di UI akan berlangsung pada 12-18 April 2021 bersamaan dengan 73 pusat UTBK lainnya.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (8/4/2021), Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia, mengatakan, pelaksanaan UTBK yang diselenggarakan di UI pada masa pandemi Covid-19 merujuk Rekomendasi Satgas Covid-19 Kota Depok.

"Ada beberapa informasi penting yang perlu dipenuhi dan dipatuhi oleh peserta UTBK yang akan ujian di Kampus UI Depok," kata Amelita.

Baca juga: Daftar Perlengkapan yang Dibawa Saat UTBK dan Tips Persiapan UTBK 2021

Ketentuan peserta ujian UTBK di UI

Berikut ini ketentuan bagi peserta ujian di UI:

  1. Peserta ujian harus dalam keadaan sehat, tidak mengalami gejala penyakit (khususnya gejala Infeksi Saluran Pernafasan Akut, seperti batuk, pilek, demam, dan gangguan bernafas).
  2. Peserta wajib mengenakan masker kesehatan (bukan masker kain)
  3. Hasil pemeriksaan suhu tubuh peserta sebelum memasuki tempat ujian kurang atau sama dengan 37.3°C.
  4. Sebelum memasuki ruang ujian peserta disarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer yang sudah disediakan panitia atau membawa hand sanitizer pribadi.
  5. Selama berada di dalam lingkungan Kampus UI Depok disarankan menjaga jarak dari peserta lain atau orang lain minimal 1,5 meter.
  6. Tidak berkerumun sebelum maupun sesudah ujian.

Baca juga: 4 Poin Penyesuaian Waktu Pelaksanaan dan Jadwal UTBK-SBMPTN 2021

Apa saja yang perlu dibawa peserta UTBK di UI?

Amelita menjelaskan, untuk mengikuti ujian tersebut, peserta wajib membawa fotokopi ijazah yang telah dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus (SKL) asli yang ditandatangani kepala sekolah atau Surat Keterangan Kelas 12 dari sekolah.

Surat Keterangan tersebut berisi nama siswa, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), foto terbaru berwarna yang ditandatangani oleh kepala sekolah, dan distempel/cap dari sekolah serta mengenai foto.

Selain itu, wajib membawa Kartu Tanda Peserta Ujian dan kartu identitas (KTP/SIM/kartu pelajar/paspor/kartu keluarga).

Sebelumnya, pihak penyelenggara, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengimbau peserta UTBK-SBMPTN 2021 melalui laman resmi ltmpt.ac.id, untuk melakukan beberapa hal sebelum mengikuti ujian.

Beberapa di antaranya adalah menjaga kesehatan, disarankan sebelumnya agar stay at home, dan disarankan mencari informasi syarat mengikuti UTBK melalui laman Perguruan Tinggi Negeri (Pusat UTBK pilihan).

Baca juga: Perhatian, Ada Penyesuaian Waktu Pelaksanaan dan Jadwal UTBK-SBMPTN 2021

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X