Kompas.com - 08/04/2021, 17:29 WIB
Lebih dari 150 orang berwisata ke Taman Mini Indonesia Indah selama tiga hari libur Lebaran 2017. Pengunjung diperkirakan terus bertambah karena libur kali ini berbarengan dengan liburan sekolah. ANINGTIAS JATMIKA/ KOMPAS.comLebih dari 150 orang berwisata ke Taman Mini Indonesia Indah selama tiga hari libur Lebaran 2017. Pengunjung diperkirakan terus bertambah karena libur kali ini berbarengan dengan liburan sekolah.

KOMPAS.com - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengumumkan bahwa pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) resmi berpindah kepada Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

"Presiden telah menerbitkan Perpres Nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII. Yang di dalamnya mengatur penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg," ujar Pratikno dalam konferensi pers virtual pada Rabu (7/4/2021).

Dengan demikian, berhenti pula pengelolaan yang selama ini dilakukan Yayasan Harapan Kita setelah 44 tahun berjalan.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Malam di Yogyakarta dengan Tarif Masuk Tak Sampai Rp 5.000

Berikut 4 fakta soal TMII:

1. Terinspirasi dari Disneyland

Mengutip Kompas.com, Rabu (7/4/2021), TMII merupakan sebuah proyek yang diinspirasi oleh Siti Hartinah alias Tien Soeharto, istri Presiden Soeharto.

Tien Soeharto pada 1971 mengunjungi Disneyland di Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari buku Dutch Culture Overseas: Praktik Kolonial di Hindia Belanda 1900-1942 (1995) yang ditulis Frances Gouda, ketika melihat Disneyland, Tien Soeharto lantas bermimpi bisa membangun taman bermain seperti Disneyland dengan menonjolkan spirit ke-Indonesiaan.

Tapi ide pembangunan taman bermain miniatur Indonesia yang dinamai Mini itu memunculkan protes dari kalangan mahasiswa.

Baca juga: Mengenang 24 Tahun Kepergian Ibu Tien Soeharto, seperti Apa Perjalanan Hidupnya?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.