Deret Edible Flower yang Menyehatkan Tubuh dan Waktu Terbaik Memetiknya

Kompas.com - 04/04/2021, 17:30 WIB
Ilustrasi edible flower Unsplash/Augustine FouIlustrasi edible flower

KOMPAS.com - Sudah sejak lama bunga ada di meja makan. Namun seringnya, bunga hanya berdiam diri saja di dalam vas menjadi aksen dekoratif meja makan.

Beberapa tahun terakhir, bunga baru naik kelas. Dari vas, ia menuju ke atas piring. Ya, mereka adalah edible flower, yaitu bebungaan yang bisa dikunyah dan dikonsumsi.

Beberapa chef menggunakan edible flower untuk dimanfaatkan zat pewarnanya. Seperti bunga telang yang bisa memberikan warna ungu alami.

Beberapa lagi, mengambil warna-warni edible flower untuk dijadikan garnish atau hiasan puding juga cake.

Nah, yang paling unik, beberapa orang bahkan mengudap bunga layaknya lalapan. Dimakan mentah begitu saja, ditemani berbagai sambal atau saus menggoda.

Bunga yang dijadikan lalapan ini beragam, mulai dari mawar, frangipani alias kamboja, juga bunga gumitir atau marigold.

Edible flower yang digunakan di sini adalah bunga-bunga yang masuk ke dalam spesifikasi tanaman hias. Bukan jenis bunga yang memang sudah dari dulu masuk ke ranah dapur seperti bunga turi dan bunga kecombrang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diberitakan Kompas.com (30/08/2020), selain digunakan sebagai pemanis sajian, edible flower juga dimanfaatkan untuk menambah citarasa.

Baca juga: 16 Jenis Edible Flower di Indonesia, Bunga yang Bisa Dimakan

Edible flower yang menyehatkan

Meski edible flower menarik, tapi awas, jangan asal memetik sembarang bunga. Karena tak semua bunga aman untuk dikonsumsi. Atau, tak semua bunga memiliki nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh.

Melansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa bunga yang mengandung banyak nutrisi dan bisa menyehatkan tubuh Anda.

1. Dandelion

Dandelion adalah bunga rumput yang gampang sekali tumbuh. Tak hanya bunganya saja yang bisa dikonsumsi, namun seluruh bagian dari tanaman ini enak dan aman dijadikan santapan.

Ilustrasi dandelionPixabay/Silviarita Ilustrasi dandelion
Bunganya bisa disantap mentah begitu saja sebagai lalapan, atau dicampurkan ke dalam salad sayur dan buah.

Dandelion mengandung banyak nutrisi. Ia kaya akan antioksidan, sehingga bisa menangkal penyakit-penyakit yang bersumber dari radikal bebas. 

Baca juga: Tips Menanam dan Merawat Bunga Krisan

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X