Kompas.com - 01/04/2021, 15:10 WIB
Ilustrasi demam Unsplash/Matteo FuscoIlustrasi demam

KOMPAS.com - Demam pada anak sudah pasti akan membuat bingung orang tua. Ketika obat sudah diberikan dan demam masih ada, bisa jadi ada kesalahan metode dalam merawat kondisi tubuh anak.

Dalam laman Healthline dikatakan, ada beberapa efek demam yang bisa dirasakan oleh anak-anak. Mulai dari menggigil, nyeri pada tulang, berkeringat, lemah dan lesu, hingga kehilangan selera makan.

Seperti diberitakan Kompas.com (01/04/2021), demam adalah proses tubuh dalam mengeluarkan patogen. Patogen di sini bisa berupa bakteri atau virus.

Sedangkan penyebab demam sendiri ada banyak faktor. Pertama adalah faktor infeksi karena bakteri dan virus, kemudian faktor non infeksi, dan faktor lain seperti suhu luar ruangan yang terlalu panas atau olah raga yang intens.

Lantas bagaimana penanganan terhadap anak demam? Berikut ini adalah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan sebelum memberikan obat-obatan penurun panas.

Baca juga: 4 Gejala Demam Anak yang Perlu Diwaspadai

Kompres air hangat

Sebelum memberikan obat, Anda bisa melakukan terapi kompres untuk menurunkan demam pada anak.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi menangani demam pada anakUnsplash/Kristine Wook Ilustrasi menangani demam pada anak

Terapi kompres lebih efektif daripada terapi mandi air hangat. Mengingat anak yang sakit tak bisa terlalu sering dimandikan agar tak bertambah parah sakitnya.

Untuk mengompres anak, Anda sebaiknya menggunakan air hangat. Yaitu air di kisaran suhu 29 hingga 32 derajat celcius, atau air hangat suam kuku. Atau jika tak ada, Anda bisa menggunakan air hangat suhu ruang.

Untuk menurunkan demam, jangan mengompres anak menggunakan air dingin. Menurut dr. Kurniawan Satria Denta dari RSUP dr. Sardjito Yogyakarta, air dingin bisa memicu anak jadi mengigil.

Dan ketika tubuh menggigil, tubuh anak justru akan menaikkan suhunya sebagai reaksi terhadap lingkungan luar tubuh.

Baca juga: 8 Anjuran yang Benar bagi Orangtua Saat Anak Sakit Batuk Pilek

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X