Solusi Efektif, Mandi Air Hangat untuk Menurunkan Demam

Kompas.com - 01/04/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi demam Pixabay/Myriams PhotosIlustrasi demam

KOMPAS.com - Mandi air hangat ternyata efektif digunakan untuk menurunkan demam. Hal ini dikemukakan oleh dr. Kurniawan Satria Denta di akun Twitternya, @sdenta.

Dalam akunnya, dokter yang akrab disapa Denta ini menulis bahwa mandi air hangat memacu vasodilatasi, yaitu pembuluh darah melebar dan panas yang terperangkap di aliran darah bisa keluar.

Twit yang diunggah Rabu petang itu langsung disukai oleh ribuan warganet. 

Kepada Kompas.com, Rabu (31/03/2021), Kurniawan Denta mengatakan bahwa mandi air hangat bisa dijadikan salah satu solusi menurunkan demam. Selain juga, mengonsumsi obat penurun panas.

Baca juga: 7 Gejala Demam Rematik dan Penyebabnya

Definisi demam

Demam sendiri adalah naiknya suhu tubuh di atas suhu normal tubuh yang seharusnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengukuran suhu yang termasuk dalam kategori demam sendiri bervariasi. Jika diukur menggunakan termometer rectal, yaitu yang dimasukkan ke dalam anus, suhu demam berada di atas 38 derajat celcius.

Sedangkan jika diukur menggunakan termometer lain, seperti yang diletakkan di ketiak, tubuh bisa diartikan demam jika memiliki suhu di atas 37,5 derajat celcius.

Menggunakan termometer untuk cek suhu tubuhUnsplash/Kelly Sikkema Menggunakan termometer untuk cek suhu tubuh

Menurut dokter dari RSUP dr. Sardjito Yogyakarta itu, demam sendiri adalah proses tubuh, fisiologis tubuh, sebagai respon akan sesuatu.

Sesuatu di sini bisa karena infeksi, faktor non infeksi, dan produksi panas berlebih.

Faktor infeksi bisa karena masuknya patogan berupa virus atau bakteri. Seperti semisal, virus influenza.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X