Mengenang 14 Tahun Kepergian Penyanyi Legendaris Chrisye dan Perjalanan Hidupnya...

Kompas.com - 30/03/2021, 08:31 WIB
Chrisye dan Sophia Latjuba berduet dalam Konser Dekade di Jakarta Convention Center, Sabtu (12 Juli 2003) malam. Mereka menyanyikan lagu Setangkai Anggrek Bulan. Penampilan penyanyi Tulus saat dalam acara Kampung GASS 2 di Sabuga, ITB, Bandung, Jawa Barat, Rabu (19/8). Acara ini menampilkan sejumlah musisi dan seniman dari sejumlah wilayah di Jawa Barat. Penampilan penyanyi Titi DJ yang berduet dengan Tulus. KOMPAS/YUNIADHI AGUNGChrisye dan Sophia Latjuba berduet dalam Konser Dekade di Jakarta Convention Center, Sabtu (12 Juli 2003) malam. Mereka menyanyikan lagu Setangkai Anggrek Bulan. Penampilan penyanyi Tulus saat dalam acara Kampung GASS 2 di Sabuga, ITB, Bandung, Jawa Barat, Rabu (19/8). Acara ini menampilkan sejumlah musisi dan seniman dari sejumlah wilayah di Jawa Barat. Penampilan penyanyi Titi DJ yang berduet dengan Tulus.

KOMPAS.com - Hari ini 14 tahun yang lalu, tepatnya pada 30 Maret 2007, penyanyi legendaris Indonesia Chrisye meninggal dunia.

Melansir Antara, penyanyi yang telah mengeluarkan sekitar 28 album rekaman ini meninggal pada usia 57 tahun akibat sakit kanker paru-paru yang dideritanya sejak lama.

Chrisye, anak ke-2 dari 3 bersaudara laki-laki itu, menikah dengan G.F Damayanti Noor pada 1982 dan mempunyai keturunan Rizkia Nurannisa, Risti Nurraisa serta anak lelaki kembar Rainda Prashatya dan Randa Pramasya.

Baca juga: Mengenang Peristiwa Bandung Lautan Api, Bagaimana Sejarahnya?

Berangkat dari hobby bermain musik, Chrisye yang lahir di Jakarta, 16 September 1949 ini, merintis kariernya di dunia musik dengan bergabung dalam Band Sabda Nada pada 1968.

Sebuah band yang berdiri pada 1966, dengan formasi awalnya adalah Ponco Sutowo, Gaury Nasution, Joe-Am, Eddy, Edit, Roland dan Keenan Nasution.

Akan tetapi, riwayat Sabda Nada tidak berumur panjang.

Baca juga: Hari ini dalam Sejarah: Nike Ardilla Meninggal Dunia akibat Kecelakaan Tragis

Grup ini bermetamorfosis menjadi Gipsy pada 1969, seiring dengan perubahan para personelnya Gipsy awalnya digawangi oleh Gauri Nasution (gitar), Onan (kibor), Tammy (trompet/sax), Keenan Nasution (drum), Atut Harahap (vokalis) dan Chrisye sebagai pemain bass.

Pada 1971, Gipsy terbang ke New York dan menjadi homeband di Ramayana Restaurant selama kurang lebih satu tahun.

Masih di New York, Chrisye sempat bergabung dengan Band The Pro's dengan para personelnya adalah Broery Marantika, Dimas Wahab, Pomo, Ronnie Makasutji dan Abadi Soesman.

Baca juga: Mengenang Sosok Bung Hatta, dari Sepatu Bally hingga Tak Mau Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X