Saat Peneliti Meksiko Ciptakan Masker Khusus yang Hanya Tutup Bagian Hidung...

Kompas.com - 30/03/2021, 07:30 WIB
ilustrasi masker reuters.comilustrasi masker

KOMPAS.com - Pada masa pandemi Covid-19, masker menjadi salah satu hal wajib yang harus dikenakan saat berada di ruang publik.

Penggunaannya hanya akan dilepas ketika kita akan makan atau minum. Namun, hal tersebut bisa berisiko memperbesar jalan masuk virus ke dalam tubuh, melalui lubang mulut dan hidung yang terbuka.

Untuk itu, peneliti asal Meksiko mengembangkan masker khusus yang dapat digunakan saat makan dan memperkecil risiko terjadinya infeksi virus.

Baca juga: Viral, Foto Masker Berlogo Khusus Tunarungu, Apa Artinya dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Masker ini berukuran lebih kecil dan digunakan hanya untuk menutup hidung, sehingga bagian mulut yang tidak bermasker dan kegiatan makan atau minum tidak terganggu.

Mengutip New York Post, Rabu (24/3/2021), cara penggunaannya adalah dipakai sebelum Anda mengenakan masker normal yang penuh.

Jadi ketika masker normal dilepas, masih ada satu lagi masker kecil yang menutup hidung.

Baca juga: Satgas Covid-19 Tidak Sarankan Penggunaan Strap untuk Masker, Apa Solusinya?

Penemuan ini banyak disambut positif oleh para ahli karena memang dapat mengurangi risiko transmisi.

Menurut John Hopkins University, hidung merupakan pintu masuk utama virus corona. Jadi, keberadaan masker hidung ini dianggap penting.

Sayangnya, tidak diketahui siapa peneliti yang menemukan inovasi ini, atau di mana ia bekerja, termasuk apakah masker ini sudah dapat didapatkan oleh publik atau belum.

Baca juga: Ramai soal Pemakaian Face Shield Tanpa Masker, Simak Ini Bahayanya

Sementara itu, melansir Fox 29, disebutkan penggunaan masker berlapis seperti ini semakin meningkatkan daya proteksi yang ditawarkan. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X