Kompas.com - 29/03/2021, 15:10 WIB

KOMPAS.com - Tagihan listrik bisa melonjak tinggi jika Anda tak hati-hati. Pemakaian pendingin ruangan di musim kemarau misalnya, bisa "memakan" aliran listrik banyak sekali.

Seperti dilansir dari Kompas.com, Jumat (26/02/2021), beberapa alat elektronik dalam rumah membutuhkan kapasitas listrik sendiri-sendiri.

AC atau pendingin udara, biasanya menghabiskan 46 persen, pemanas air menghabiskan 14 persen, pencahayaan memakan 9 persen, dan peralatan elektronik lain seperti televisi dan kulkas memakan kapasitas 4 persen.

Baca juga: Tagihan Listrik Membengkak? Periksa 7 Peralatan Elektronik Ini

Jika Anda tak cermat dalam pemakaian, tagihan listrik dipastikan akan terus melonjak tinggi. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan agar tagihan listrik tidak membengkak:

1. Matikan arus listrik jika tak gunakan

 

Ilustrasi charging handphoneUnsplash/Steve Johnson Ilustrasi charging handphone
Jangan menyambungkan charger laptop, gawai atau komputer tanpa henti. Matikan arus listrik jika piranti tengah tak digunakan atau daya sudah terisi penuh.

Peralatan yang terus menerus tersambung ke arus listrik memakan arus berlebihan.

2. Sesuaikan kapasitas AC dengan kapasitas ruangan

Unit AC sentral rata-rata menggunakan sekitar 3.500 watt dan bekerja dua hingga tiga kali  dalam satu jam selama 15 menitan. Dalam periode 24 jam, AC akan mengonsumsi sekitar 28-63 kWH.

Untuk menghemat listrik, gunakan AC ketika Anda memang butuh menggunakannya. Jika suhu ruangan masih bisa didinginkan menggunakan piranti lain seperti kipas, maka matikan AC.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.