Kompas.com - 29/03/2021, 12:30 WIB
Tangkapan layar unggahan yang menyebutkan pemenang undian Shopee 2021 beredar di media sosial pada Selasa, (16/3/2021). FacebookTangkapan layar unggahan yang menyebutkan pemenang undian Shopee 2021 beredar di media sosial pada Selasa, (16/3/2021).
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi informasi mengenai adanya pengumuman pemenang undian Shopee 2021, beredar di media sosial pada Selasa (16/3/2021).

Dalam unggahan disebutkan bahwa penerima pesan diminta mencocokan kode ID Pemenang yang diterima melalui SMS atau pesan singkat dari Shopee.

Namun, pihak Shopee menegaskan, pihaknya tidak pernah menyelenggarakan acara undian apapun.

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, seorang pengguna Facebook bernama Ich Van mengunggah dua foto berbeda yang menampilkan pengumuman undian dari Shopee.

"Dajjal Fans Club kalo mau nipu setidak nya lu belajar EYD yg bener atuh anyeengg jgn goblog2 teuing jd menusa teh," tulis pemilik akun Facebook Ich Van.

Tangkapan layar unggahan yang menyebutkan pemenang undian Shopee 2021 beredar di media sosial pada Selasa, (16/3/2021).Facebook Tangkapan layar unggahan yang menyebutkan pemenang undian Shopee 2021 beredar di media sosial pada Selasa, (16/3/2021).

Dalam foto pertama, terlihat pesan dari nomor telepon +62856566444481 yang menyebutkan kode pin pemenang undian Shopee.

"Yth. Pelanggan SHOPEE!!! Selamat Anda telah resmi terpilih sbg pemenang dari BIG SALE SHOPE 3.3 Dgn Kode Pin [AD25MD47] u/ Info: bilt.ly/pesta-shopee33".

Sementara, untuk foto kedua memperlihatkan pengumuman dengan tampilan dari situs blogspot.

"SELAMAT DATANG PARA PEMENANG SHOPEE 2021

  • Disampaikan Kepada Saudara(i) Pemenang yang beruntung mendapatkan pesan resmi undian SHOPEE disertai dengan KODE ID PEMENANG yang mencantumkan alamat situs resmi kamis di; www.bit.ly/pesta-shopee33.
  • Berarti sah selaku pemenang resmi hadiah langsung dari SHOPEE. Selamat kepada para pemenang yang beruntung di tahun 2021.

Silahkan anda cocokkan KODE ID PEMENANG yang telah anda terima melalui via sms atau pesan singkat dari SHOPEE dengan hadiah yg sudah tertera dibawah ini. Jika ada kesamaan anad segera kompirmasi atau menghubungi melalui telpon ke nomor yang sudah tercantum di situs ini".

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X