Update Corona Global 28 Maret dan Penurunan Populasi di Italia akibat Covid-19...

Kompas.com - 28/03/2021, 09:48 WIB
Ilustrasi Covid-19, pandemi virus corona, pandemi Covid-19. PEXELS/ANNA SHVETSIlustrasi Covid-19, pandemi virus corona, pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - Sebagian besar masyarakat dunia hingga hari ini masih menghadapi masalah yang sama, yakni pandemi Covid-19.

Meski sudah berlangsung lebih dari satu tahun sejak pertama kali terdeteksi dan vaksinasi sudah dilakukan di berbagai negara, namun tanda-tanda pandemi akan berakhir dalam waktu dekat masih belum juga dapat dipastikan. 

Hal ini mengingat banyaknya mutasi baru virus corona yang ditemukan menginfeksi dan menyebar. Sehingga masih perlu kajian yang jauh lebih dalam untuk mengetahui apakah mutasi virus corona ini memiliki karakteristik yang sama atau berbeda. 

Baca juga: Mutasi Virus Corona B.1.1.7 Terdeteksi di 5 Provinsi, Mana Saja?

Dan berikut ini adalah sejumlah perkembangan yang terjadi di beberapa negara dunia:

1. Indonesia

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, Sabtu (27/3/2021), jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Tanah Air mencapai 1.492.002 kasus dengan penambahan terakhir sebanyak 4.461 kasus.

Dari angka itu, 40.364 kasus di antaranya berujung dengan kematian.

Meski kecenderungan angka kasus baru di Indonesia diklaim sudah mulai menurun sejak beberapa waktu terakhir, namun masyarakat diminta tetap waspada karena pandemi masih tetap ada.

Baca juga: Meski Haram, Berikut 5 Alasan MUI Bolehkan Penggunaan Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Protokol kesehatan, jaga jarak dan memakai masker pun harus tetap dilanjutkan.

Terlebih program vaksinasi yang ditargetkan dapat menjangkau 1 juta orang per harinya pada kenyataannya belum mampu memenuhi target itu. Sehingga kekebalan komunitas yang diharapkan akan tercipta setelah vaksinasi mayoritas penduduk, masih jauh dari jangkauan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X