Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Corona Global 28 Maret dan Penurunan Populasi di Italia akibat Covid-19...

Kompas.com - 28/03/2021, 09:48 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian besar masyarakat dunia hingga hari ini masih menghadapi masalah yang sama, yakni pandemi Covid-19.

Meski sudah berlangsung lebih dari satu tahun sejak pertama kali terdeteksi dan vaksinasi sudah dilakukan di berbagai negara, namun tanda-tanda pandemi akan berakhir dalam waktu dekat masih belum juga dapat dipastikan. 

Hal ini mengingat banyaknya mutasi baru virus corona yang ditemukan menginfeksi dan menyebar. Sehingga masih perlu kajian yang jauh lebih dalam untuk mengetahui apakah mutasi virus corona ini memiliki karakteristik yang sama atau berbeda. 

Baca juga: Mutasi Virus Corona B.1.1.7 Terdeteksi di 5 Provinsi, Mana Saja?

Dan berikut ini adalah sejumlah perkembangan yang terjadi di beberapa negara dunia:

1. Indonesia

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, Sabtu (27/3/2021), jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Tanah Air mencapai 1.492.002 kasus dengan penambahan terakhir sebanyak 4.461 kasus.

Dari angka itu, 40.364 kasus di antaranya berujung dengan kematian.

Meski kecenderungan angka kasus baru di Indonesia diklaim sudah mulai menurun sejak beberapa waktu terakhir, namun masyarakat diminta tetap waspada karena pandemi masih tetap ada.

Baca juga: Meski Haram, Berikut 5 Alasan MUI Bolehkan Penggunaan Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Protokol kesehatan, jaga jarak dan memakai masker pun harus tetap dilanjutkan.

Terlebih program vaksinasi yang ditargetkan dapat menjangkau 1 juta orang per harinya pada kenyataannya belum mampu memenuhi target itu. Sehingga kekebalan komunitas yang diharapkan akan tercipta setelah vaksinasi mayoritas penduduk, masih jauh dari jangkauan.

Hingga kini, baru 7.1 juta orang yang menerima vaksinasi dosis pertama, dan 3.2 juta yang mendapatkan dosis kedua atau telah selesai menjalani proses vaksinasi.

Padahal vaksinasi nasional sudah dimulai sejak pertengahan Januari lalu.

Baca juga: Masih Pandemi, Bagaimana Ketersediaan Vaksin Covid-19 di Indonesia?

2. Meksiko

Negara dengan tingkat kematian akibat Covid-19 tertinggi ketiga di dunia ini mulai minggu depan akan memiliki 7 wilayah yang sudah dinyatakan ada pada level hijau, atau risiko penularan rendah.

Berdasarkan Mexico News Daily (28/3/2021), ketujuh wilayah itu adalah Coahuila, Jalisco, Nayarit, Tamaulipas, Veracruz, Campeche, dan Chiapas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com