Manfaat Baking Soda, Memutihkan Gigi dan Mengobati Gatal

Kompas.com - 26/03/2021, 10:15 WIB
Ilustrasi baking soda Pixabay/NatureFriendIlustrasi baking soda

KOMPAS.com - Baking soda lebih dikenal di dalam lingkup dapur. Dalam dunia baker, baking soda digunakan sebagai bahan pengembang kue. Karenanya, baking soda juga dikenal dengan sebutan soda kue.

Sama-sama digunakan untuk mengembangkan kue, baking soda dan baking powder adalah dua hal yang berbeda. Perbedaan keduanya terletak pada senyawa komposisinya.

Baking soda terbuat dari zat sodium (Na) bikarbonat. Ketika soda kue bercampur dengan dengan zat asam seperti mentega, gula merah dan cuka, soda kue akan melepaskan gelombang gas karbondioksida dan mengembangkan kue.

Sedangkan baking powder terbuat dari sodium bikarbonat plus zat asam monocalcium phospate serta sodium aluminum sulfate.

Baking soda atau soda kue sering digunakan untuk mengolah kudapan atau kue kukus dan panggang.

Namun, tak hanya itu saja kegunaan baking soda. Baking soda juga bermanfaat ganda, bisa dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan atau membersihkan lingkungan rumah.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Berikut beberapa manfaat baking soda:

1. Menghilangkan bau kulkas

Seperti dilansir dari Kompas.com (08/11/2020), baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap kulkas.

Bau tak sedap dari kulkas bisa datang dari timbunan makanan yang disimpan di dalamnya. Terkadang, beberapa bahan makanan melahirkan aroma tak sedap ketika disimpan dalam udara dingin.

Nah untuk meminimalisir bau tak sedap ini, Anda bisa menggunakan baking soda. 

Caranya sederhana, cuku letakkan dua sendok baking soda ke dalam piring atau mangkuk kecil. Kemudian letakkan mangkuk di dalam rak kulkas, biarkan ia menyerap bau tak sedap yang ada.

Baca juga: Manfaat Teh Celup Bekas, Bersihkan Karpet hingga Hilangkan Bau Kulkas

2. Menghilangkan bau sepatu

Baking soda juga bisa mengurangi bau apek pada sepatu. Bau apek dari sepatu ini bisa muncul akibat keringat kaki yang bercampur dengan bakteri. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X