Kompas.com - 24/03/2021, 20:30 WIB
Vaksin AstraZeneca flickrVaksin AstraZeneca

KOMPAS.com - AstraZeneca mengklaim, vaksin virus corona buatan mereka efektif 79 persen mencegah munculnya gejala Covid-19. 

Dikutip dari rilis di situs resminya, disebutkan uji coba vaksin AZD1222 tahap III AS menunjukkan kemanjuran sebesar 79 persen dalam mencegah gejala Covid-19 dan 100 persen dalam mencegah penyakit parah dan rawat inap.

Baca juga: 3 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca untuk Dosis Kedua Akan Tiba April

Analisis keamanan dan kemanjuran sementara itu didasarkan pada 32.449 peserta yang mengalami 141 kasus gejala Covid-19. Percobaan memiliki pengacakan vaksin untuk plasebo 2:1.

"Kemanjuran vaksin konsisten di seluruh etnis dan usia. Khususnya, pada peserta berusia 65 tahun ke atas, kemanjuran vaksin adalah 80 persen," tulis rilis tersebut, Senin (22/3/2021). 

Hasil tersebut juga diharapkan dapat membantu meredakan kekhawatiran di Eropa tentang penggunaan vaksin AstraZeneca.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa pemimpin politik di Eropa pun telah mendapatkan suntikan AstraZeneca untuk meningkatkan kembali kepercayaan publik.

Baca juga: Meski Haram, Berikut 5 Alasan MUI Bolehkan Penggunaan Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Pembuktian kasus pembekuan darah

Hasil yang diumumkan pada Senin (22/3/2021) didasarkan pada 141 kasus Covid-19 yang muncul di antara relawan dalam uji klinis.

Dilaporkan, tak satu pun relawan yang mengalami gejala parah atau harus dirawat di rumah sakit.

Regulator di Eropa memulai tinjauan keamanan vaksin AstraZeneca bulan ini setelah beberapa orang yang diinokulasi mengalami pembekuan darah dan pendarahan abnormal baru-baru ini.

Peserta yang menerima vaksin dalam uji coba tidak memiliki peningkatan risiko pembekuan darah atau penyakit terkait. Selian itu, tidak ditemukan kasus pembekuan darah di otak atau menyebabkan perdarahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.