Racikan Teh Unik, Teh Tiga Tahun dan Teh Kotoran Serangga

Kompas.com - 22/03/2021, 09:10 WIB
Ilustrasi jamuan minum teh Pixabay/Free-PhotosIlustrasi jamuan minum teh

KOMPAS.com - Teh enak disesap di pagi dan sore hari. Baik teh racikan tubruk atau teh celup yang instan dan praktis, semuanya disukai oleh masyarakat kita.

Di Inggris, teh melekat erat dengan kehidupan keseharian masyarakatnya. Bahkan di sana ada beberapa ritual minum kopi yang dibedakan berdasar waktu untuk menikmatinya.

Afternoon tea, yang disesap sambil bersantai di atas sofa, dilakukan dalam rentang waktu pukul tiga hingga empat sore. Sedangkan ritual berikutnya, adalah high tea yang dilakukan dengan lebih serius, di rentang waktu mulai pukul lima sore hingga tujuh malam.

Di Jepang, acara minum teh direspon dengan lebih serius lagi. Dinamakan sado, dan dilakukan untuk menjamu tamu kehormatan.

Baca juga: 12 Bunga yang Biasa Dijadikan Teh, Tidak Cuma Melati

Tradisi menyesap teh hijau ini dilakukan di ruang teh tradisional, lengkap dengan piranti seduhan kopi khususnya. Jika dilakukan di luar ruangan, ritual ini dinamakan nodate.

Beda tradisi, beda pula racikan teh yang digunakan. Jika Inggris dan Jepang masih menggunakan racikan teh yang lazim dikenal masyarakat luas, beberapa daerah berikut menggunakan racikan teh yang lain dari biasanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain sangat mahal, juga sangat aneh.

1. Panda dung tea

Racikan aneh dan tak lazim ini ada di China Barat Daya. Bahan dasar racikan memang teh hijau. Yang membedakan dengan teh hijau Jepang adalah di jenis pupuk yang digunakan untuk menyuburkan tanaman tehnya.

Panda dung tea menggunakan penyubur tanah berupa kotoran panda.

Halaman:

25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X