Kompas.com - 21/03/2021, 15:10 WIB
Ilustrasi anjing sahabat anak Pixabay/PicsbyfranIlustrasi anjing sahabat anak

KOMPAS.com - Menggonggong adalah cara anjing berekspresi. Gonggongan bisa menandakan anjing tengah takut, tengah antusias, tengah gelisah, atau tengah mencari perhatian.

Gonggongan karena takut dan terancam biasanya lebih intens dan keras. Sedangkan gonggongan mengajak bermain, lebih halus dan dalam nada tak terlalu tinggi.

Tentu saja, sebuah problema tersendiri jika memiliki anjing peliharaan yang suka menggonggong dalam menyalurkan beragam mood atau ekspresinya.

Karena bisa jadi, tetangga kanan kiri, akan terganggu dengan suara gonggongan yang ada.

Apakah ada anjing yang tak menggonggong?

Menurut Megan Stanley, pemilik Dogma Training and Pet Service Inc, tak ada jaminan ras anjing yang benar-benar tak pernah mengonggong.

Dalam laman Reader's Digest, lebih jauh Stanley mengatakan bahwa perilaku anjing untuk lebih bisa mengerem gonggongannya tergantung pada pelatihan atau training yang dilakukan semenjak anjing kecil.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun meski begitu, ada beberapa ras anjing yang memang lebih pendiam dibanding ras lainnya.

Baca juga: 6 Makanan yang Tak Boleh Diberikan pada Anjing

Jika Anda tengah mencari binatang peliharaan anjing, beberapa ras di bawah ini bisa dijadikan pertimbangan.

1. Basenji

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X