Kompas.com - 18/03/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi sajian dari kulit pisang Unsplash/Gabrielle HendersonIlustrasi sajian dari kulit pisang

KOMPAS.com - Di tangan Toyibatur Rochmah, kulit pisang bisa naik kelas dari sampah dapur menjadi keripik yang bernilai jual cukup tinggi.

Seperti diberitakan Kompas.com (29/01/2021), wanita asal Desa Kalibendo, Kecamatan Pasirian, Lumajang ini menyulap kulit buah pisang menjadi keripik kulit pisang yang gurih dan bergizi tinggi.

Keripik kulit pisang asal Lumajang ini laris manis di pasaran, hingga putra bungsu Jokowi, Kaesang pun tertarik dan meminangnya dalam jumlah cukup banyak.

Sama seperti daging buahnya, kulit pisang juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi, yaitu vitamin B, C, B6, magnesium, zat besi, fosfor, dan juga kalium.

Baca juga: Manfaat Kulit Pisang, Bahan Kudapan hingga Alat Membersihkan Sepatu

Karena bergizi tinggi dan memiliki tekstur yang unik, kini makin banyak tangan-tangan terampil yang berani mengolah kulit pisang ini menjadi kudapan sehat.

Segala resep soal kulit pisang juga selalu mendapatkan respon positif dari masyarakat. Seperti resep Banana Peel Bacon yang diunggah akun @thesaltedtable pada Minggu (14/03/2021) yang langsung disukai oleh 3.170 akun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara pembuatan Banana Peel Bacon

Akun milik Charles Hunter yang menyebut dirinya sebagai seorang blogger dan personal chef itu membagikan resep lengkapnya disertai foto langkah demi langkah pembuatan.

Menurut Charles, resep ini bisa menggunakan bahan sisa dapur seperti kulit pisang atau kulit terong.

Caranya, lumuri kulit pisang dengan garam dan diamkan selama beberapa saat agar berproses alami. Kemudian ambil garpu atau sendok, kerok bagian dalam kulit yang berwarna putih.

Semakin tipis Anda bisa mengerok kulit ini, akan semakin renyah kudapan yang tersaji nantinya.

Baca juga: Usaha di Tengah Pandemi, Mahasiswi IAIN Salatiga Produksi Es Krim Kulit Pisang

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.