Kompas.com - 18/03/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi guru dan murid shutterstockIlustrasi guru dan murid

KOMPAS.com - Untuk meningkatkan kualitas guru, pemerintah melalui Kemendikbud menetapkan sebuah standarisasi dengan mengeluarkan sistem pengembangan keprofesian bagi guru.

Sistem pengembangan keprofesian ini dikenal dengan nama SIM PKB. Yaitu kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Seluruh guru di bawah naungan Kemendikbud wajib mengikuti sistem kompetensi ini agar nantinya tercipta mutu pendidikan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga: 8 Webinar Kemendikbud untuk Guru Tingkatkan Kemampuan Mengajar PJJ

Untuk bisa mengikuti SIM PKB, tentu saja ada syarat-syarat dan langkah yang harus dipersiapkan. 

Syarat pertama, adalah guru harus memiliki nilai hasil Ujian Kompetensi Guru (UKG). Jika seorang guru belum memiliki nilai UKG, maka tidak bisa mengikuti kompetensi SIM PKB.

Jika sudah memiliki nilai UKG, segera daftar SIM PKB dengan terlebih dahulu membuat akun.

Nah, berikut adalah cara mudah cek nomor UKG dan cara membuat akun SIM PKB:

Cara cek nomor UKG

Nomor UKG adalah vital, digunakan untuk mendaftar dan membuat akun SIM PKB. 

Jika Anda lupa nomor UKG Anda, maka bisa melakukan langkah berikut ini seperti yang dilansir dari laman SIMPKB.id:

1. Pastikan dulu Anda terdaftar aktif di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sekolahan dan pastikan pula Dapodik sekolah sudah sinkron dan terintegrasi dengan Dapodik pusat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X