Kompas.com - 17/03/2021, 19:27 WIB
Ilustrasi kekerasan pada anak Shutterstock.comIlustrasi kekerasan pada anak

KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan seorang balita dipukul beberapa kali oleh pria dewasa yang duduk di dekatnya, viral di media sosial pada Selasa (16/3/2021).

Pada akhir video, terlihat pria dewasa melayangkan pukulannya hingga tubuh sang balita ambruk di atas kasur.

Melihat video viral tersebut, warganet pun mengecam adanya tindak kekerasan kepada balita laki-laki itu.

Baca juga: Video Viral Seorang Pria Aniaya Balita di Tangerang, Ini Respons KPAI

"Innalillahi, asli ya dada gua yg liat aja ngerasa ngilu. Kalo kelainan bisa ga si gausa bikin trauma orang lain, apalagi anak kecil gini a****. Ada juga lu bang yang g*****," tulis akun Twitter @GLucyfar.

"Ga habis pikir sama si pelaku astagfirullah anak kecil digituin semoga sang pelaku mendapat balasan yg setimpal dan adek nya segara pulih dan sehat kembali amin," tulis akun Twitter @prikigirl dalam twitnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kata psikolog

Menanggapi kejadian itu, psikolog anak dan keluarga, Astrid WEN menyampaikan bahwa reaksi diam yang dimunculkan si balita merupakan respons pertahanan dirinya.

"Dalam hal ini, sang anak mengeluarkan reaksinya yakni diam. Ini reaksi refleks. Itu reaksi saat ada ancaman. Sebenarnya karena dia berusaha melindungi dirinya sendiri," ujar Astrid saat dihubungi Kompas.com, Rabu (17/3/2021).

Ia menambahkan, ada beberapa respons yang dikeluarkan seseorang ketika dirinya merasa terancam, yakni kabur atau lari, melawan dan diam.

"Balita ini diam saja bukan berarti pasrah, tapi untuk melindungi diri. Kalau dia enggak diam, dia bisa berada di situasi yang lebih berbahaya," lanjut dia.

Baca juga: Balita Dalam Video Penganiayaan Dipukul 25 Kali oleh Pemuda di Tangerang, Mengalami Luka dan Trauma

Selain itu, Astrid menjelaskan bahwa balita yang ada dalam video tidak menangis saat dipukul atau saat merasakan rasa sakit juga termasuk salah satu mekanisme pertahanan diri.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.