Belum Dapat Bantuan Kuota Kemdikbud? Simak 4 Kemungkinan Ini

Kompas.com - 17/03/2021, 14:46 WIB
Bantuan Kuota Internet Gratis Kemdikbud 2021 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoBantuan Kuota Internet Gratis Kemdikbud 2021

KOMPAS.com - Bantuan kuota internet untuk belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah disalurkan mulai 11 Maret-15 Maret 2021.

Setelah itu bantuan akan kembali diberikan bulan April hingga Mei 2021 di tanggal yang sama. Akan tetapi tidak semua peserta didik atau pendidik telah mendapatkan bantuan kuota.

Apa penyebabnya?

Baca juga: Ganti Nomor dan Belum Dapat Kuota Internet Kemendikbud, Apa yang Harus Dilakukan?

1. Penggunaan di bawah 1 GB

Disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim lewat konferensi pers di Youtube Kemdikbud RI, pada 1 Maret 2021, meski penerima bantuan kuota Kemdikbud 2020 kembail menerima pada 2021, tapi ada pengecualian.

Bagi mereka yang pernah mendapatkan bantuan, tapi tidak digunakan sampai habis, yakni penggunaannya di bawah 1 GB maka tidak bisa menerima lagi.

"Kecuali penggunaannya yang di bawah 1 GB, bagi yang kemarin tidak digunakan," kata Nadiem.

Baca juga: Kuota Internet Gratis Kemendikbud Kini Bisa buat Akses YouTube, TikTok-Instagram Tak Bisa

2. Ganti nomor

Selain itu, bagi penerima 2020 yang ganti nomor dan tidak segera melaporkan ke sekolah atau kampus masing-masing, juga tidak menerima bantuan pada 11-15 Maret 2021.

Nadiem menjelaskan, bagi mereka yang nomornya berubah atau belum menerima itu, harus lapor terlebih dahulu ke satuan pendidikan sebelum bulan April 2021 untuk mendapatkan bantuan kuota.

Setelah itu pimpinan/operator satuan pendidikan mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) untuk nomor baru atau nomor yang berubah pada laman berikut:

http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk jenjang PAUD, dikdas, dan dikmen)
http://pddikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi).

Baca juga: Bantuan Internet Kemdikbud 2021, Ini Rincian Kuota dan Syarat Penerima

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X