Setahun Aktivitas di Rumah, Marak Live Shopping dalam Ekonomi Kreatif

Kompas.com - 15/03/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi work from home Pixabay/PexelsIlustrasi work from home

KOMPAS.com - Hari ini setahun yang lalu, Presiden Joko Widodo menyerukan kebijakan baru menyangkut pandemi. Yaitu untuk bekerja, belajar dan beribadah di dalam ruang lingkup rumah.

Kantor-kantor pun sepi aktivitas. Work from home atau WFH diberlakukan sebagai upaya untuk menghambat penyebaran Covid-19.

Meski setelah setahun berselang, penyebaran covid ternyata masih tetap saja luas dan masif. Seperti diberitakan Kompas.com (15/03/2021), Satgas Penanganan Covid-19 mencatat total konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai 1.419.455 kasus. Dengan 137.912 merupakan kasus yang masih aktif.  

Baca juga: Setahun Belajar di Rumah, Catatan UNICEF soal Pendidikan Saat Pandemi

Perubahan pola hidup

Selama setahun, masyarakat jadi lebih banyak beraktivitas di dalam rumah ketimbang di luar rumah. Baik bekerja, beribadah maupun menempuh pendidikan.

Ada banyak perubahan yang dinamis di sini. Mulai dari perubahan perilaku, hingga perubahan pola hidup.

Masyarakat yang awalnya tak percaya dan menolak anjuran pemerintah, pelan-pelan menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan keadaan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dihimpun dari Kompas.com, perubahan perilaku ini menyangkut tiga aspek. Yaitu soal kesehatan, soal ekonomi dan soal kehidupan bersosial.

Dalam aspek kesehatan, kini masyarakat jadi lebih peduli dengan kondisi diri, dengan kebersihan dan pola hidup yang sehat.

Sedangkan dalam aspek ekonomi, masyarakat mau tak mau harus terus berinovasi, berpikir kreatif, agar bisa survive menghadapi panjangnya pandemi.

Dan dari aspek sosial, ada pola bermasyarakat yang mau tak mau harus berubah drastis. Kini tak ada lagi acara gegap gempita berkerumun, tak ada lagi arisan atau resepsi. Semua harus dipertimbangkan dan disesuaikan dengan protokol kesehatan yang berlaku.   

Baca juga: Setahun Aktivitas di Rumah, Psikolog Nilai Ada 3 Hal yang Berubah

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X